Bandwidth Symmetrical dan Asymmetric, Apa Bedanya?

Symmetric and Asymmetric bandwidth
image source: AT&T Business

Saat Anda berencana memilih layanan internet untuk kantor rumahan maupun kantor biasa pasti ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dari mulai layanan yang diberikan oleh provider internet kantor terbaik, keamanan sistem, dan yang tidak kalah penting adalah bandwidth.

Ya, memerhatikan bandwidth untuk internet kantor memang sangat penting karena berkaitan dengan performa kerja. Namun, selain besaran bandwidth yang perlu diperjhatikan, Anda juga harus tahu jenis bandwidth yang ditawarkan, apakah symmetrical ataukah asymmetric.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

  • Symmetrical Bandwidth

Bandwidth ini menerapakan sistem dengan ukuran berbeda antara bandwidth untuk proses unggah dan juga unduh. Alasannya adalah karena dalam proses internet, user akan terus melakukan proses unduh sehingga membutuhkan bandwidth lebih besar.

Misalnya saja saat Anda sedang melakukan browsing artikel, maka setiap Anda membuka halaman baru, proses unduh data akan dilakukan meskipun tidak tersimpan dalam perangkat Anda. Itulah sebabnya, bandwidth unduh dibuat lebih besar agar proses pemakaian internet tidak mengalami kendala.

  • Asymmetric Bandwidth

Bandwidth ini menerapkan besaran yang sama untuk proses unduh maupun unggah. Salah satu penyebabnya adalah karena perubahan perilaku masyarakat secara personal maupun bisnis dalam memanfaatkan internet.

Misalnya, dulu banyak orang yang menggunakan internet hanya untuk browsing tetapi dengan maraknya penggunaan sosial media, proses unggah juga meningkat. Lihat saja sekitar Anda, ada sangat banyak orang yang memposting foto atau video pada sosial media miliknya sehingga membutuhakan bandwidth unggah yang ccukup besar juga. Apalagi yang berprofesi sebagai vlogger atau youtuber. Koneksi internet dengan bandwidth unggah tinggi sangatlah penting.

Sementara untuk perusahaan, adanya sistem kerja remote atau perusahaan berbasis cloud akan membuat sistem perjanya banyak melakukan proses unggah data. Baik untuk proses backup, pengiriman data antar karyawan, dan sebagainya. Jika bandwidth unggah terlalu rendah, maka akan sangat memengaruhi proses kerja perusahaan.

Bagaimana, sudah jelas sekali kan perbedaan antara keduanya? Meskipun secara sepintas asymmetric bandwidth lebih unggul, tetapi biasanya bandwidth unduh pada jenis tersebut akan lebih rendah dibandingkan dengan jenis bandwidth lainnya. Itulah sebabnya, Anda harus sangat menganalisa kebutuhan Anda sebelum memutuskan jenis yang ingin digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.