Beberapa Makanan Ini Bisa Memicu Alergi. Hati-hati, Ya!

makanan penyebab alergi
image source: jillcarnahan

Bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan tentunya sangat menyenangkan. Apalagi, kamu bisa menyantap segalanya tanpa perlu khawatir makanan tersebut bisa menimbulkan alergi padamu. Ini tentu saja sangat berbanding terbalik dengan mereka yang alergi terhadap makanan. Mereka tidak bisa bebas mengonsumsi makanan yang menurut kamu rasanya enak karena takut nanti alerginya bisa kambuh.

Lantas, kenapa ya seseorang bisa alergi makanan?

Melansir dari HelloSehat, penyebab seseorang bisa alergi terhadap makanan karena sistem kekebalan tubuhnya mengira zat yang terbawa dalam makanan seperti protein, misalnya berbahaya untuk tubuh penderitanya.

Sistem kekebalan tubuh sendiri berperan penting melindungi tubuh dengan cara memproduksi antibodi. Antibodi ini nantinya yang dapat membantu menghancurkan sekaligus mengidentifikasi virus, kuman, bakteri yang tanpa sengaja masuk ke dalam tubuh.

Biasanya, kondisi alergi ini semakin diperparah jika penderitanya mengonsumsi makanan yang menjadi pemicunya, seperti:

Seafood

Adakah teman atau anggota keluargamu yang alergi dengan seafood (makanan laut)? Pasti ada! Nah, tahukah kamu, kira-kira sekitar 1% dari seluruh populasi di dunia alergi terhadap makanan laut. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami diare, muntah, gatal, sesak ruam, reaksi anafilaksis ketika mengonsumsi makanannya.

Biasanya, alergen protein yang tersimpan di dalam makanan laut tersebut tidak sama antara yang satu dengan lainnya. Inilah alasan kenapa ada orang yang hanya alergi pada udang saja, ikan saja, atau lainnya.

Kacang-kacangan

Selain seafood, kacang-kacangan juga disinyalir menjadi salah satu pemicu alergi. Di mana, alergi makanan satu ini dapat memunculkan reaksi anafilaksis yang apabila tidak ditangani dengan baik dapat mengancam nyawa penderitanya.

Gejala yang ditimbulkan seperti kehilangan kesadaran, syok tekanan darah, sulit bernapas karena ada pembengkakan di bagian tenggorokan, hingga penyempitan saluran udara. Untuk itu, bagi penderitanya sangat tidak dianjurkan mengonsumsi makanan jenis ini lantaran bisa memperparah kondisinya.

Daging

Apakah kamu tahu, ketika memasak daging dapat melepaskan protein yang menjadi pemicu alergi. Bukan hanya itu, daging juga menyimpan kandungan antibodi, alpha-gal dan galactose-alpha-1. Di mana, ketika kandungan ini bertemu dengan karbohidrat, maka dapat memicu sakit perut, ruam kulit, dan lainnya.

Nah, jenis daging yang bisa memperparah alergi salah satunya adalah daging sapi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan daging jenis lainnya pun bisa memicu munculnya alergi di tubuh. Misalnya, daging kambing, daging babi, daging bebek, hingga daging ayam.

Selain beberapa makanan di atas, tentu saja masih ada makanan lainnya seperti produk susu dan olahannya, telur, sayuran nightshade, gandum, kedelai, buah-buahan, dan lainnya.

So, apakah kamu termasuk yang alergi dengan makanan? Jika ya, jangan sembarangan konsumsi makanan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.