Beberapa Persiapan Mental Sebelum Jalani Program Bayi Tabung

bayi tabung
image source: situs Depositphotos

Saat hendak menjalani program bayi tabung, menemukan klinik program bayi tabung terbaik serta mengurus serba-serbi lain mungkin telah Anda lakukan. Namun demikian, kenyataannya ada satu persiapan yang jarang diperhatikan oleh sebagian orang, yakni persiapan mental. Padahal, emosi dan pikiran pasangan akan sangat terkuras saat menjalani program ini sehingga persiapan mental yang baik dan stabil harus diperhatikan dengan baik.

Berikut beberapa persiapan mental yang bisa Anda lakukan:

  1. Pastikan Anda dan pasangan berada di ‘halaman’ yang sama. Sebelum menjalani program, berdiskusilah dari hati ke hati untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan memang sudah saling setuju untuk keputusan ini. Komunikasikan dengan baik, saling terbuka, saling mendukung, dan juga saling memahami. Pasalnya, kemungkinan konflik akan muncul di tengah-tengah program sangatlah tinggi, sehingga lebih baik dibicarakan sejak dini.
  2. Rasa nyaman dengan tim medis yang menangani. Meskipun Anda sudah memilih klinik terbaik, ada satu hal lagi yang perlu dipastikan: rasa nyaman Anda dengan tim medis yang akan menangani program Anda kelak. Ingat, program bayi tabung ini akan memakan banyak waktu, sehingga rasa nyaman sangat dibutuhkan. Rasa nyaman ini juga yang akan memberikan Anda kekuatan dan juga menjadi safety net saat Anda melewati program bayi tabung.
  3. Belajar mengontrol emosi dan stres. Proses bayi tabung disusun dari rangkaian program yang tak sedikit jumlahnya. Nikmati setiap prosesnya, jangan tergesa-gesa untuk mendapatkan hasil instan, dan latih emosi serta stres Anda. Jika Anda masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan, anggaplah itu sebagai proses yang harus dijalani dan bukan sebagai beban. Dengan begitu, program ini tidak akan terasa sebagai beban dan menyulitkan Anda. Latih diri dengan terus berpikir positif, ya.
  4. Minta doa dan dukungan kerabat. Terakhir, persiapan mental yang tak kalah pentingnya adalah dengan meminta doa dan dukungan kerabat. Seperti yang sudah disinggung di atas, program ini memang akan memakan waktu lama dan sangat menguras emosi, sehingga dukungan positif dari orang di sekitar akan sangat dibutuhkan.

Itu dia beberapa persiapan mental yang bisa dilakukan sebelum menjalani program bayi tabung. Anda juga bisa melakukan berbagai pemeriksaan medical check up terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan kondisi kesehatan Anda, sehingga merasa lebih tenang saat program bayi tabung dimulai. Diharapkan hal-hal ini bisa membantu Anda yang hendak memilih opsi ini, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.