Begini Cara Membersihkan Gitar yang Benar

bersihkan gitarUntuk kamu yang sudah sering atau bahkan sudah ahli bermain gitar, pasti sudah tahu dong cara merawat gitar. Namun, jika kamu baru berencana untuk membeli alat musik ini di toko yang jual gitar, mungkin masih belum banyak paham tentang alat musik ini. Misalnya saja seperti cara membersihkannya.

Membersihkan gitar memang terlihat mudah, tetapi tahukah kamu bahwa jika salah dalam melakukannya gitarmu justru bisa mengalami kerusakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa membersihkannya dengan cara berikut ini:

Cuci tangan

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Ini penting dilakukan untuk mencegah gitar semakin kotor akibat terkena tangan kita yang sedang tidak bersih. Sayangnya, karena berpikir bahwa tangan nantinya juga akan kotor saat membersihkan gitar membuat banyak yang mengabaikan hal penting ini.
  • Lepaskan senar gitar

Sebelum membersihkan gitar, ada baiknya jika kamu melepaskan semua senar gitar terlebih dahulu. Ini akan mempermudahmu untuk membersihkan seluruh bagian gitar tanpa berisiko merusak senar gitar. Namun jangan lupa, sebelum memasang senar kembali, kamu harus membersihkannya terlebih dahulu ya.

  • Gunakan kain yang halus

Pastikan kain yang kamu gunakan untuk membersihkan gitar memiliki tekstur yang halus dan juga bersih. Sebab jika tidak, maka akan sangat berisiko merusak permukaan body gitar.

  • Gunakan cairan khusus

Saat kamu membeli gitar baru, jangan lupa untuk membeli cairan khusus untuk membersihkan gitar. Kandungan dalam cairan ini sudah dirancang memang untuk menjaga kebersihan gitar tanpa merusaknya.

Hal lain yang tidak kalah penting harus kamu ketahui adalah cara menjaga agar gitar tetap bersih. Sebab, jika gitar terlalu cepat kotor tetap saja akan membuat alat musik ini menjadi tidak awet. Tenang, caranya tidak sulit kok, yaitu:

  • Simpan gitar di tempat yang kering dan tidak lembap agar alat musik ini tidak berjamur.
  • Selalu cuci tangan setiap kali akan memainkan gitar
  • Lap gitar dengan kain kering setiap kali setelah selesai memainkannya

Semoga cara di atas dapat membantumu menjaga gitar jadi lebih awet ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.