Bunga Telang – Si Biru yang Kaya Manfaat

Bunga Telang
image source: parapuan

Apakah kamu kenal dengan bunga telang? Mungkin tidak! Nah, buat kamu yang tidak kenal bunga telang, yuk, kenalan dulu.

Bunga telang merupakan salah satu jenis bunga yang masuk kategori tanaman perdu dengan ciri khas berwarna biru keungungan. Biasanya, di bagian tengah bunga ini terdapat semburat putih yang membuatnya terlihat semakin cantik. Tak heran, jika bunga satu ini kerap dijadikan sebagai tanaman hias.

Namun, tak hanya tanaman hias, bunga telang juga bermanfaat untuk tubuh, loh. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Kulit sehat

Melansir dari Liputan6, salah satu manfaat bunga telang adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini lantaran di dalam bunga telang terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, bunga ini juga mengandung flavonoid, yang mana dapat merangsang produksi kolagen bahkan menjaga elastisitas kulit. Untuk itu, yuk, rutin konsumsi bunganya supaya kulitmu sehat!

  1. Cegah penuaan dini

Seperti yang sudah dibahas di poin pertama, bunga telang tinggi kandungan antioksidan. Kandungan tersebut tidak hanya membantu menyehatkan kulit, namun juga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Rutin meminum teh bunga telang ini, maka dapat membuat kulit terlihat awet muda dan tubuh pun menjadi semakin sehat.

  1. Turunkan berat badan

Siapa sangka, bunga satu ini ternyata dapat membantu menurunkan berat badan di tubuh, loh. Ini karena kandungan yang terdapat di dalam bunga telang tersebut dapat memperlambat pembentukan sel lemak di dalam tubuh. Bahkan, bunga yang identik dengan warna biru ini dapat memblokir sintesis sel lemak karena mengandung senyawa ternatin.

  1. Stabilkan gula darah

Tingginya kandungan antosianin yang tersimpan di dalam bunga telang dapat menstabilkan gula darah tubuh. Bahkan, menurut penelitian, antioksidan yang terdapat di bunga ini dapat menghambat enzim seperti sukrase usus, alfa-amilase pankreas, dan alfa-glukosidase sehingga mengurangi penyerapan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Bukan hanya manfaat di atas, masih ada manfaat lainnya seperti menyehatkan rambut, menghambat pertumbuhan kanker, mengurangi pembengkakan di tubuh, menurunkan tekanan darah, melancarkan buang air kecil, dan lain sebagainya.

Wah, ternyata sangat banyak ya manfaat bunga telang. Untuk itu, yuk, mulai konsumsi di rumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.