Diawali dengan Adzan, Doa setelah Adzan, Hingga tentang Sholat Fardhu

Umat Muslim tentu banyak tahu tentang suatu proses yang diawali dengan adzan, doa setelah adzan, qomat dan hingga melakukan kewajibannya dengan melakukan sholat. Langsung saja saya akan memberi ulasan urutan proses-proses tersebut dan menjabarkan sedikit tentang proses proses yang ada pada judul diatas.

Syarat Adzan dan Iqomah

muadzin

Pertama dengan adanya syarat-syarat atau ketentuan untuk seseorang yang akan melakukan adzan dan iqomah,  sebagai berikut ; diawali dengan

  • Tentu seorang muazin akan adzan apabila sudah masuk waktu Shalat
  • Lalu seorang muazin membaca doa niatan azdan ; jika ingin kalian ingin tahu doa niat sebelum melakukan adzan : Subhaanallahh walhamdulillahh walaa ilahaillahh waallahuakbar. Walaa haulawalaa kuuwataa illabillahiladhimm, Allahummasholli wasallim Ala sayyidinaa Muhammadillahuu Yaaa kaRiiiiiim (amin)
  • Seorang muazin melantunkan adzan sesuai urutan adzan yang semestinya
  • Terus seorang muazin harus cermat mengucapkan lafaz adzan tanpa terbata bata atau jeda. Tidak menambah atau mengurangi apalagi sampai mengganti lantunan bacaan adzan yang semestinya. Boleh menjeda apabila muazdin ingin batuk, bersin sekalipun selain itu tidak menjeda apalagi melakukan tindakan lainnya.
  • Lalu yang terakhir melantunkan adzan dan iqomah dengan suara baik/merdu sekalipun. Agar orang orang muslim lainnya bisa mendengar panggilan sholat.

Daftar Doa setelah Adzan

Doa setelah Adzan

Apa kalian tahu juga jika bacaan DOA SETELAH ADZAN berbeda-beda ? khususnya setelah adzan magrib dan subuh. Sedikit ulasan untuk kita semua kawan kawan umat islam untuk mempelajari doa doa tersebut. Secara tulisan LATIN Sebagai berikut ;

  1. Doa Setelah Adzan

Allahumma Rabbaa hadzihiiid-dawati at-tammati,

wash-shalatil-qaimati, Ati sayyidana Muhammaddd al-washilah waLL fadilLlah, Wad-darajatar rafiah wab’atshu maqamann,mahmudan alladzi wa’Adtah, Innaka la tukhliful-mii ad. Aminnnn

  1. Doa diantara Adzan dan Iqomah

(Allahumma inni,  As-alukal-afiyah Fid-dunya Wal-akhiraHhhh). Aminnn

  1. Ketiga ada Doa setelah kita mendengarkan Adzan Shubuh

(Allahummaa hadza iqbalu, Naharika Wa Idbaru Lailika wa Ashwatu du-Aika faghfi-Liii) Aminnn

  1. Keempat yaitu Doa setelah kita mendengarkan dengan hikmat lantunan Adzan Magrib

(Allahummaaaa hadza iqbalu Lailika Wa idbaru Naharika Wa Ashwatu Du’aikaaa Faghfir Liii) Aminnn

Ibadah Sholat Fardhu

Kemudian teman teman pasti juga paham betul jika sholat fardu itu pada umumnya dilakukan dengan berbagai waktu tertentu. Mulai dari Shubuh, Zuhur, Ashar, Magrib hingga Isya dilakukan diwaktu waktu yang berbeda pada umumnya. Dan saya akan mengulas sedikit mengenai Waktu Sholat fardu dan jumlah Rakaat dalam Sholat Tersebut :

Di awali dengan sholat Shubuh dengan memiliki 2 raka-at dan dilakukan pada waktu dimulainya dari sebelum terbitnya matahari kira-kira pada waktu 4.30 WIB (waktu Indonesia Barat) sampai matahari hampir terbit atau bisa dibilang sebelum matahari menyinari dan membuat sebagian kulit kita merasa hangat akan cahayanya.

Kedua yaitu sholat Zuhur dengan memiliki jumlah rakaat yaitu 4 rakaat dan dimulai pada waktu munculnya matahari dari tengah-tengah langit atau bisa kita sebut pada waktu dimana matahari tersebut seolah olah tepat berada di atas kepala kita biasanya bisa di bilang dengan waktu 12.00 WIB hingga saat adzan selanjutnya datang.

Ibadah Sholat Fardhu

Selanjutnya yang ketiga sholat Ashar dengan memiliki jumlah rakaat yang sama seperti Zuhur yaitu 4 rakaat dan dimulai pada saat bayangan suatu benda kembar panjangnya dengan benda tersebut hingga matahari akan terbenam atau cahaya matahari belum berwarna kekuningan, biasanya bisa dibilang pada jam 15.24 WIB hingga saat adzan selanjutnya datang.

Keempet ialah sholat Magrib dengan memiliki jumlah rakaat yang berbeda dengan sebelumnya. Sholat magrib memiliki 3 rakaat didalamnya dan dimulai pada saat matahari mulai meninggalkan langit di lokasi tersebut atau bisa di bilang pada jam 17.47 WIB hingga pada saat adzan selanjutnya datang. Jarak waktu sholat Magrib sangat lah sedikit ketimbang dari sholat sholat fardu lainnya.

Terakhir yaitu sholat Isya dengan memiliki jumlah rakaat 4 dan dimulai pada saatnya malam datang kira kira pada waktu 19.03 WIB hingga saat adzan selanjutnya datang. Jarak waktu sholat Isya sangat lah panjang sama halnya dengan jarak sholat Shubuh ke Zuhur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.