Empat Jenis Keju yang Populer dan Disukai di Indonesia

jenis keju

Keju merupakan salah satu bahan makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika banyak sekali jenis keju serbaguna yang beredar di pasaran. Keju sendiri merupakan produk olahan susu yang memiliki rasa yang gurih. Mudahnya mengolah keju menjadi berbagai makanan membuat banyak masyarakat Indonesia memilih untuk menyimpan atau menyetok keju ini di kulkas mereka.

Namun demikian, tak semua keju populer dan dikenal di Indonesia. Setidaknya, ada empat jenis keju yang populer dan sering dijadikan sebagai bahan olahan makanan. Di antaranya:

Keju cheddar

Tidak bisa disangkal, keju ini memang sangat populer di Indonesia. Mencari keju cheddar pun tidak sulit, karena kamu bisa menemukannya dengan mudah di supermarket atau minimarket terdekat. Harganya sangat terjangkau dan rasanya pun enak, sehingga cocok untuk dijadikan olahan makanan berbahan dasar keju. Bahkan, kamu juga bisa lho menggunakan keju cheddar ini untuk membuat berbagaiĀ  kue.

Keju mozzarella

Selanjutnya adalah keju mozzarella. Siapa sih yang tak kenal dengan keju ini? Keju asal Italia ini bahkan sempat populer di Indonesia karena digunakan sebagai variasi kuliner Indonesia. Sifatnya yang mudah leleh dan membuat hidangan menjadi semakin menggugah menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukai keju mozzarella. Biasanya, keju ini dijadikan isian sandwich, roti, burger, dan aneka sajian lainnya.

Keju parmesan

Berbeda dengan dua jenis keju di atas, keju parmesan memiliki cita rasa dan aroma yang sangat kuat. Tak heran jika keju parmesan ini seringkali digunakan sebagai penambah rasa pada sup, pizza, atau pasta, dan juga sebagai penambah aroma pada kue kering. Keju parmesan memiliki karakteristik dengan warna kuning kusam dan tekstur yang agak keras.

Keju edam

Terakhir adalah keju edam yang memiliki bentuk unik dan berbeda dari keju kebanyakan. Ya, keju edam memiliki bentuk bulat dengan lapisan lilin atau malam yang berwarna merah. Keju ini berasal dari Belanda dan memiliki rasa yang kuat. Di Indonesia sendiri, keju edam lebih banyak dipakai untuk olahan kue keringā€”terutama untuk kaastengels.

Dari keempat keju di atas, mana yang paling sering kamu coba? Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.