Fitur-fitur yang Perlu Diperhatikan saat Hendak Membeli AC

ac

Tahukah Anda jika AC yang lebih besar belum tentu bisa mendinginkan ruangan dengan lebih cepat dan lebih baik? Ya, mempunyai AC PK besar di rumah memang akan membuat udara bagian rumah yang terkena AC lebih cepat dingin. Akan tetapi ada berbagai dampak jika menggunakan AC dengan PK berlebihan, seperti kualitas udara yang menjadi kurang baik. Sebab, kelembaban udara tidak sepenuhnya menghilang. Walhasil, udara yang sudah dingin itu cenderung masih mengandung kelembaban yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengukur kapasitas ruangan dengan ukuran AC yang sesuai perlu diperhitungkan dengan matang.

Nah, bila Anda sudah mengetahui berapa ukuran PK yang tepat untuk ruangan dalam rumah Anda, saatnya mengetahui fitur-fitur canggih yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli pendingin ruangan. Simak pembahasannya dalam paragraf berikut, ya.

  • Pengaturan suhu yang dapat diprogram. Dewasa ini, semakin banyak benda mati yang diprogram menggunakan mesin pintar. Tujuannya adalah untuk memudahkan manusia dalam memakai benda-benda tersebut. Salah satu wujud dari inovasi ini adalah pendingin ruangan yang memiliki pengaturan suhu terprogram. Fitur ini membuat Anda dapat mengatur kapan AC akan mati saat Anda meninggalkan ruangan dan kembali hidup saat Anda kembali ke rumah.
  • Pengaturan hemat energi. Menurut situs Renewable Energy World, jumlah pendingin udara yang digunakan masyarakat dunia saat ini terus meningkat. Bahkan, kenaikan hingga 250% diperkirakan akan terjadi pada 2050 nanti. Prediksi inilah yang membuat produsen-produsen AC berlomba-lomba menciptakan pendingin ruangan yang tidak hanya berguna untuk mendinginkan ruangan, tapi juga hemat energi. Contoh AC hemat energi adalah yang memiliki kemampuan untuk mematikan kompresor dan kipas ketika ruangan sudah dingin. Dengan demikian, fitur ini akan menghemat energi yang terpakai dalam rumah Anda.
  • AC yang bisa dikontrol dengan Wi-Fi. Seperti yang sudah dibahas dalam poin pertama, sekarang ini sudah banyak benda mati yang dikembangkan hingga memiliki tingkat kecanggihan yang cukup tinggi. Salah satunya ialah kontrol pendingin ruangan dengan Wi-Fi. Melansir situs Constellation, AC seperti ini sudah mulai banyak tersedia di pasaran. AC dengan fitur seperti ini bisa diatur melalui ponsel pintar. Sehingga, pengontrolan penggunaan AC dapat Anda atur sedemikian rupa agar tidak boros listrik.

Itulah dia 3 fitur-fitur penting yang perlu diperhatikan saat hendak membeli AC. Ingatlah, meski memiliki AC akan memberi keuntungan yang baik untuk Anda, namun tidak bagi iklim. Oleh sebab itu, saat mau membeli AC, hendaklah memilih yang hemat energi juga. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.