Frugal Living di Apartemen, Bisa!

frugal living
image source: popbela

Menyewa ataupun membeli apartemen BSD sering kali dianggap sebagai suatu hal yang mewah dan hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu. Sehingga, konsep frugal living atau hidup hemat seolah tidak bisa berjalan bersamaan dengan menghuni apartemen. Padahal, konsep penghematan bisa dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun ia tinggal. Memang, seperti apa sih frugal living itu? Lantas, apa saja tips untuk melakukannya?

  • Pilih lokasi. Bisa dibilang, lokasi tinggal adalah kunci terbesar frugal living. Sebab, dengan lokasi apartemen yang tepat, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran. Untuk tahu di mana lokasi yang paling cocok buat kamu, coba saja perhitungkan dulu jarak hunian tingkat dengan kantor atau kampusmu dan jarak antara apartemen dengan moda transportasi yang akan kamu gunakan. Tinggal di apartemen yang sangat dekat dengan dua poin ini saja sudah bisa bantu kamu kurangi pengeluaran untuk transportasi.
  • Hitung uang bulanan. Situs RENTCafe menyebut uang bulanan atau budget sebagai ‘peta jalan’. Pasalnya, ia akan membantu kamu untuk menjalani hidup hemat kamu dengan lebih baik. Kamu bisa memulai hitung uang bulanan dengan mengalokasikannya ke setiap pos atau dompet sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu menyimpan 30% gajimu untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan juga keperluan kamar mandi dan dapur; 40% untuk ditabung dan membayar kebutuhan hidup lainnya seperti transportasi; dan sisa 30% untuk dana darurat.
  • Jangan pelihara hewan. Tinggal sendiri di apartemen memang akan terasa sepi. Tak ayal, cukup banyak penghuni yang membawa serta hewan peliharaannya untuk tinggal bersamanya. Namun, seperti manusia, hewan peliharaan juga butuh perhatian, makan, biaya berobat, dan lain sebagainya. Kalau kamu berniat untuk hidup hemat, maka sebaiknya hindari memelihara hewan.
  • Masak sendiri. Tiap unit apartemen pasti sudah dilengkapi dengan dapur. Tentu akan sangat sia-sia jika kamu membiarkan fasilitas kompor dan gas begitu saja. Makanya, kamu bisa membiasakan diri untuk memasak sendiri. Selain bisa mendukung frugal living kamu, masak sendiri juga lebih sehat dan terjamin. Jadinya, kamu tak perlu khawatir soal kebersihan dari makanan yang akan kamu konsumsi.
  • Cermat memilih uang sewa. Uang sewa apartemen ada yang sudah termasuk pada utilitas (listrik, air, gas, internet) dan ada yang belum. Biasanya, selisih keduanya tidak terlalu banyak. Untuk itu, ada baiknya kamu cermat memilih uang sewa yang ada. Kalau mau hidup hemat, tentu kamu perlu pilih opsi uang sewa yang sudah termasuk dengan utilitas. Dengan begitu, pengeluaran kamu bisa lebih hemat dan kamu juga tidak perlu repot membayar listrik, air, gas, dan internet secara terpisah.

Gimana? Mudah, bukan, menerapkan frugal living meski tinggal di apartemen?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.