Hal-Hal Positif yang Bisa Didapat dari Sekolah Internasional

sekolah yang baikMemberikan pendidikan yang terbaik untuk anak menjadi goal bagi setiap orang tua. Untuk itu, jauh sebelum anak memasuki usia sekolah, tak sedikit dari Anda yang sudah melakukan riset demi memastikan pendidikannya kelak. Bagi yang tinggal di ibukota, beberapa Jakarta International School mungkin sudah masuk ke dalam incaran Anda. Hanya saja, sebetulnya apa sih perbedaan antara sekolah biasa dengan sekolah internasional? Apakah perbedaannya se-signifikan itu?

Nah, untuk yang masih ragu, yuk simak beberapa hal positif yang bisa Anda dapatkan dari sekolah internasional ini!

  1. Perbedaan kurikulum. Perbedaan yang paling terasa pada sekolah internasional adalah kurikulum yang digunakan. Jika sekolah biasa masih menggunakan kurikulum nasional, maka sekolah internasional mengikuti kurikulum yang berbeda. Kurikulum ini didesain secara khusus untuk memastikan siswa mampu bersaing secara global dan juga meningkatkan kompetisinya. Tak heran jika bahasa yang digunakan biasanya adalah bilingual, yakni Inggris dan Indonesia—atau bahkan bahasa Mandarin di beberapa sekolah.
  2. Sistem belajar yang komunikatif. Selain kurikulum, sistem belajar di sekolah internasional juga lebih komunikatif. Pasalnya, siswa dituntut untuk mandiri, sehingga pembelajaran seringnya terjadi dua arah, antara guru dan siswa. Guru memberikan ruang kepada siswa untuk mengutarakan pendapat, membuka ruang diskusi, sehingga sistem belajar yang komunikatif pun bisa tercipta.
  3. Fasilitas yang mengakomodasi minat dan bakat siswa. Pada sekolah internasional biasanya terdapat berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan siswa untuk menyalurkan bakatnya, di luar hal akademis. Mulai dari sports center, tennis courts, kolam renang, ruang teater, music room, dan masih banyak lagi. Siswa diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya, sehingga pembelajaran tidak hanya terpatok pada ruang kelas saja.
  4. Membuka wawasan siswa. Terakhir, keragaman budaya yang diajarkan pada sekolah internasional juga membuka wawasan siswa pada tantangan kehidupan secara global. Siswa akan lebih menghargai satu sama lain, mempelajari budaya dari negara lain, menjunjung tinggi nilai-nilai harmony in diversity, dan pastinya membuat siswa lebih mudah beradaptasi dengan siswa lain, tak peduli dengan latar belakangnya.

Itu dia beberapa hal positif yang bisa dijadikan pertimbangan dari sekolah internasional. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada hal lain yang bisa ditambahkan? Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.