Ini Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis

baterai smartphone dropSedang asik bermain ponsel tiba-tiba dapat peringatan baterai ponsel habis. Artinya, kamu harus mengisi ulang atau charging baterai ponselmu terlebih dahulu sebelum bisa digunakan kembali. Duh, rasanya pasti menyebalkan sekali, kan? Apalagi jika posisi colokan listrik di rumahmu kurang bagus sehingga kamu tidak bisa menggunakan ponselmu sambil diisi ulang.

Memang, mengisi ulang baterai ponsel adalah hal yang wajar karena namanya juga baterai pasti ada saatnya akan habis. Tetapi bagaimana jika terlalu cepat habis? Jika kamu saat ini sedang mengalaminya, coba perhatikan beberapa penyebabnya berikut ini:

  • Screen brightness

Saat ini hampir semua ponsel dilindungi oleh pelindung layar atau tempered glass. Mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen, produsen tempered glass membuat produknya dengan berbagai fitur, ada yang dilengkapi list, berbentuk seperti cermin, anti spy, dan sebagainya. Sayangnya, beberapa tempered glass dengan fitur tersebut justru membuat warna layar lebih gelap hingga kamu harus mengatur brightness hingga maksimal agar layar ponsel dapat terlihat jelas. Akibatnya baterai akan mudah habis karena semakin tinggi pengaturan brightness akan semakin besar pula konsumsi baterainya. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang memang suka mengatur brightness maksimal meskipun tempered glass transparan biasa.

  • Aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang kamu buka atau standby di ponsel, maka akan semakin besar pula kebutuhan baterai yang digunakan. Apalagi jika aplikasi tersebut memanfaatkan hampir seluruh fitur ponsel, misalnya game atau video yang akan aktif menggunakan visual dan juga audio. Hal ini akan semakin parah jika kamu menggunakan earphone atau headset bluetooth.

  • WiFi dan Bluetooth

Ada beberapa ponsel yang memiliki pengaturan default yaitu menyalakan wifi dan bluetooth yang menyala otomatis saat ponsel baru dihidupkan. Jika ponselmu termasuk di antaranya, maka kamu harus rajin mengeceknya setiap kali kamu baru menghidupkan ponsel. Atau saat kamu memang baru menyalakan fitur ini karena memang sedang diperlukan, pastikan kamu mematikannya segera setelah selesai digunakan.

  • Notifikasi

Semakin banyak aplikasi yang kamu instal, maka akan semakin banyak notifikasi yang masuk ke ponselmu. Dari mulai notifikasi adanya update berupa pesan baru, atau adanya promosi. Ada baiknya jika kamu mematikan pengaturan notifikasi untuk beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Sebab meskipun terlihat sederhana, tetapi jika jumlah notifikasi yang masuk banyak maka akan berpengaruh pada baterai ponselmu.

Beberapa penyebab tersebut hanya berlaku jika baterai ponsel masih dalam kondisi baik. Jika memang baterai ponsel sudah bermasalah, maka satu-satunya cara penyelesaiannya adalah dengan membawa ponselmu ke service center untuk penggantian baterai. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.