Ketahui Gejala Kampas Rem Pada Mobil Habis

mobilSelain faktor human error, ada banyak hal yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan saat berkendara. Misalnya adanya kebocoran pada oli mobil yang menyebabkan jalanan menjadi licin sehingga risiko kendaraan lain tergelincir menjadi tinggi. Selain itu, adanya masalah lain pada mobil ternyata juga bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, terutama yang berkaitan dengan sistem pengereman.

Kampas rem, merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pengereman untuk menghentikan laju kendaraan. Komponen ini berada di sekitar area ban dan  membantu sistem pengereman dengan menekan disc brake untuk membuat laju ban semakin pelan hingga berhenti (tergantung pada tingkat kedalaman injakan pedal rem). Semakin sering kamu menggunakan rem atau menginjak pedal rem, maka seiring waktu akan membuat komponen ini menjadi tipis atau habis.

Ketika kampas rem sudah benar-benar habis, maka sistem pengereman pastinya tidak akan bisa bekerja dengan sempurna. Sebelum hal ini benar-benar terjadi, ada baiknya jika kamu mengetahui terleih dahulu apa saja ciri kampas rem mobil habis agar bisa segera mengantisipasinya:

  • Terdengar suara berdecit

Bunyi berdecit yang terdengar adalah suara seperti gesekan logam setiap kali kamu menginjak pedal rem. Semakin menipis kampas rem, maka secara otomatis suara yang keluar akan semakin terdengar. Penyebab keluarnya suara ini adalah, karena bagian pelindung kampas rem sudah habis sehingga tersisa bagian logamnya saja yang saling bergesekkan.

  • Pedal rem terlalu dalam

Kampas rem tromol pada bagian roda belakang yang habis akan membuatmu harus menginjak pedal rem terlalu dalam untuk bisa mengaktifkan sistem pengereman. Penyebabnya karena kampas rem ini memiliki pegas pengembali. Saat piston bergerak sejauh apapun, pegas akan kembali ke posisi semula secara otomatis. Ketika kampas rem masih tebal, pergerakkan piston hanya sedikit karena tromol langsung tertekan, tetapi pergerakkan piston akan semakin dalam ketika kampas mulai menipis.

  • Getaran pada pedal rem

Pada saat kampas rem mulai menipis, maka akan membuat permukaannya tidak rata sehingga kemampuan mencengkeram piringan cakram menjadi tidak sempurna. Selain membuat daya pengereman berkurang, kondisi ini akan membuat pedal rem bergetar saat diinjak.

  • Minyak rem boros

Dalam kondisi normal, minyak rem tidak banyak berkurang. Jika seandainya minyak rem ini berkurang dalam waktu cepat dan tidak wajar, maka bisa ada dua kemungkinan, yaitu adanya kebocoran dan atau kampas rem yang mulai menipis.

Disarankan agar sistem pengereman selalu berfungsi sempurna, kamu mengganti komponen ini sebelum mobil menunjukkan gejala di atas. Untuk mobil matic, kamu bisa menggantinya setelah mobil menempuh perjalanan 35.000-40.000Km dan untuk mobil manual setelah menempuh 60.000-70.000Km. Namun, bisa lebih cepat jika kamu sering berkendara dalam kondisi jalanan macet, menanjak, atau menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.