Kiat Bersihkan Lem yang Menempel pada Kain atau Karpet

bersihkan karpet dari lemUntuk merekatkan sebuah benda yang patah atau rusak menggunakan lem besi, kamu tentu bukan cuma butuh perekat itu saja. Akan tetapi, kamu juga perlu sediakan bahan-bahan lain seperti kain lap, alkohol atau cairan pembersih, cotton buds, kayu perekat, ataupun obeng.

Nah, saat melakukan pekerjaan tersebut, adakalanya kelalaian kecil terjadi, seperti lem menempel pada benda lain. Jika sudah begini, kamu mungkin kebingungan soal cara membersihkannya. Maka dari itu, simak kelanjutan artikel ini untuk tahu cara mengatasi lem yang menempel pada kain atau karpet, yuk!

  • Biarkan lem mengering terlebih dahulu. Yap, langkah pertama jika ‘kecelakaan’ seperti di atas terjadi ialah membiarkan perekat untuk mengering terlebih dahulu. Dengan melakukan ini, kamu akan memudahkan proses pembersihan nanti. Sebab, kalau kamu langsung mengusap lem sebelum ia mengering, lem justru akan semakin melekat pada serat kain atau karpet.
  • Angkat gumpalan lem yang menempel. Meski begitu, jika lem yang menempel berjumlah terlalu banyak, kamu bisa mengangkat gumpalannya terlebih dahulu menggunakan ujung pisau atau pengikis plastik. Kemudian, kamu bisa membiarkan sisa area yang tertempel lem tersebut untuk mengering.
  • Bekukan area yang terkena dampak. Mengutip The Spruce, langkah selanjutnya adalah membekukan bagian kain atau karpet yang terkena efek. Jika memungkinkan, kamu bisa meletakkan kain atau karpet ke dalam freezer selama satu jam. Tujuan melakukan tahap ini adalah supaya kain membeku dan lem mudah dipatahkan dari kain atau karpet tersebut.
  • Patahkan lem. Satu jam setelah kain atau karpet membeku di freezer, kamu bisa mengeluarkannya untuk mematahkan bekuan lem yang menempel. Menghilangkan lem tumpah dalam keadaan beku tentu akan lebih mudah ketimbang membersihkan lem tumpah dalam keadaan basah.
  • Berikan pelarut atau penghilang noda. Area kain atau karpet yang terkena lem pastinya akan meninggalkan bekas yang cukup kentara. Oleh sebab itu, kamu bisa lanjut membersihkannya dengan menambahkan pelarut pakaian atau penghilang noda agar warna kain atau karpet kembali normal.

Itulah dia beberapa tahap untuk membersihkan lem yang menempel pada kain atau karpet. Semoga informasi dalam artikel di atas berguna untukmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.