Lampu Mobil Tiba-Tiba Mati, Apa yang Harus Dilakukan?

lampu mobilAsuransi sangat bermanfaaat untuk melindungi Anda dari kerugian finansial saat terjadi risiko. Misalnya saja untuk asuransi mobil, Anda yang menggunakan jenis asuransi komprehensif tidak perlu lgi khawatir saat terjadi masalah pada mobil karena biaya kerugian akan ditanggung asuransi. Selama tidak masuk ke dalam poin pengecualian. Tidak hanya itu, asuransi juga sangat bermanfaat saat terjadi masalah pada mobil saat sedang dalam perjalanan. Misalnya saat ketika lampu mobil tiba-tiba mati saat Anda perjalanan di malam hari.

Lampu, merupakan bagian vital saat perjalanan di malam hari karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan. Sayangnya, komponen ini sering tiba-tiba tidak berfungsi normal. Ketika hal ini terjadi, pastinya akan langsung membuat Anda panik, kan? Tapi, panik saja tidak akan menyelesaikan masalah. Ada baiknya jika Anda berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Lakukan pengecekan

Segera berhenti dan lakukan pengecekan pada mobil Anda, siapa tahu saja penyebab matinya lampu hanya karena ada bagian yang kendor dan cukup dikencangkan saja untuk bisa kembali menyala. Selain karena bagian soket yang kotor atau kendor, beberapa penyebab lain lampu mobil mati adalah sekring atau bohlam lampu yang rusak (bisa diganti agar bisa kembali normal), relay, dan tegangan listrik yang tidak stabil.

  • Manfaatkan lampu mobil yang ada

Coba cek apakah semua lampu (lampu jarak jauh dan dekat) mati, atau hanya lampu jarak dekat saja. Manfaaatkanlah lampu mobil yang masih menyala dengan normal sebagai sumber pencahayaan Anda. Namun, Anda tetap harus segera mencari bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan terutama jika lampu yang mati adalah lampu jarak dekat. Sebab, itu adalah salah satu lampu utama yang sangat penting.

  • Waspada saat menggunakan hazard

Hazard tidak boleh digunakan secara sembarangan, termasuk dalam kondisi ini. Namun, jika semua lampu besar mobil Anda mati dan jalan yang dilewati tidak memiliki sumber pencahayaan, maka Anda boleh memanfaatkannya. Meskipun begitu, pastikan Anda tidak menggunakannya ketika akan melewati persimpangan karena akan membuat orang sekitar bingung dengan arah kendaraan Anda nanti.

  • Manfaatkan lampu kendaraan sekitar

Jika memungkinkan, Anda tetap berada di dekat kendaraan lain. Tujuannya agar Anda bisa memanfaatkan lampu dari kendaraan tersebut sebagai penerangan Anda. Namun saat di persimpangan, jangan sampai Anda terlalu fokus pada kendaraan yang diikuti hingga mengambil jalan yang salah.

  • Manfaatkan fasilitas derek

Untuk Anda yang menggunakan asuransi mobil pastinya tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Sebab, banyak perusahaan asuransi yang akan menyediakan fasilitas derek mobil. Jadi, Anda hanya perlu menghubungi perusahaan asuransi untuk meminta fasilitas tersebut.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.