Mau Bertemu Panda? Ke Sini Yuk!

Tahu hewan panda? Yap, hewan lucu berwarna hitam putih ini memang dengan mudahnya dapat mencuri perhatian manusia karena kesan lucu yang melekat kepadanya. Pernah bertemu dengan panda? Ingin melihat panda secara langsung? Anda bisa pergi ke Tiongkok untuk bertemu panda dengan mata kepala Anda sendiri. Buruan deh berburu tiket murah dan juga asuransi perjalanan!

Hanya saja, sekarang ini populasi panda mulai mengecil. Sebab, panda termasuk ke dalam satwa yang terancam punah. Sebab, industrialisasi dan juga bencana alam turut menyumbangnya menurunnya jumlah panda di dunia. Saat ini, jumlah panda yang hidup di alam liar tercatat kurang dari 2.000 saja. Miris sekali, ya!

Panda

Namun, berita baiknya adalah para ilmuwan di Cagar Alam Wolong, Tiongkok, sedang berupaya untuk mengembangbiakkan panda dan melepaskannya kembali ke habitat asli ketika mereka sudah siap. Mereka juga membuka fasilitas umum bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin mengenal panda secara langsung. Beberapa fasilitas yang bisa Anda kunjungi adalah:

  • Dujiangyan Panda Base. Dengan berkendara setidaknya satu setengah jam dari Chengdu, Sinchuan, Anda bisa mencapai kawasan Dujiangyan Panda Base. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuat tempat ini menjadi sasaran para turis yang ingin melihat panda secara langsung. Di sini, pengunjung bisa mengikuti Program Penjaga Panda, sebuah program yang memungkinkan Anda untuk turut serta merawat panda. Mulai dari mengasuh, membangunkan panda, membersihkan kandang, hingga memberi mereka makan.
  • Gengda Giant Panda Center. Gengda Giant Panda Center merupakan fasilitas baru untuk menggantikan cagar alam sebelumnya yang hancur karena gempa pada tahun 2008. Di bawah pengawasan Cagar Alam Wolong, Gengda menyediakan layanan edukasi untuk masyarakat luas. Tujuan pembangunannya sendiri memang lebih mengarah pada edukasi masyarakat mulai dari layanan publik untuk kepentingan penelitian, pendidikan, dan juga penangkaran. Di sini, Anda bisa melihat panda yang sedang beradaptasi dengan lingkungan yang dibuat semirip habitat aslinya.
  • Bifengxia Giant Panda Base (BFX). Berada di luar Kota Chengsu, sekitar 90 mil jauhnya, BFX terletak di bibir lembah dengan air terjun. BFX merupakan salah satu fasilitas panda terbesar yang dimiliki oleh Cagar Alam Wolong dan menjadi rumah para panda untuk berkembang biak. Tidak hanya itu, di BFX, para panda juga bisa bermain dengan bebas dan menjadi pusat perawatan bagi panda yang masih kecil.

Wah, semoga program konservasi panda bisa berjalan lancar, ya! Kita doakan saja agar panda-panda ini bisa kembali hidup di habitat aslinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE