Mau Buka Restoran, Peralatan Apa Saja yang Harus Dibeli?

Pelengkap Makanan JepangMenjadi pebisnis setelah terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK adalah jalan melanjutkan hidup yang ditempuh oleh cukup banyak orang. Apakah kamu juga salah satunya? Atau, kamu sedang punya uang 100 juta dan berencana untuk berbisnis dengan membuka restoran? Kalau iya dan berencana untuk membuka restoran, kamu tentunya perlu tahu dulu kebutuhan apa saja yang harus kamu persiapkan. Contoh pertamanya adalah aplikasi restoran untuk mencatat transaksi yang terjadi setiap hari.

Aplikasi yang biasa dikenal dengan nama sistem point-of-sales (POS) itu merupakan perangkat yang digunakan oleh pelayan bisnis rumah makan untuk mencatat pesanan dari tamu dan transaksi setiap tamu. Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai skala serta kelengkapan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap rumah makan.

 Beberapa peralatan lain yang sekiranya kamu perlukan untuk membuka restoran adalah sebagai berikut.

Meja dan kursi

Kalau bisnis restoranmu memiliki konsep dine in atau makan di tempat, tentu kamu perlu menyiapkan beberapa set meja dan kursi makan untuk para tamu. Jumlahnya dapat sesuaikan dengan luas restoran, sementara modelnya dapat kamu cocokkan dengan konsep restoran kamu.

Peralatan makan

Set atau jenis kebutuhan peralatan kedua adalah peralatan makan. Ini mencakup piring atau mangkuk, sendok dan garpu, juga gelas atau cangkir. Kalau kamu ingin memberikan peralatan makan yang proper untuk tamu-tamu restoranmu, kamu perlu  membeli set semua peralatan makan tersebut. Jumlahnya perlu kamu lebihkan dari jumlah meja-kursi yang ada di restoranmu supaya tidak terjadi kekurangan alat makan saat ada pergantian tamu.

Tapi jika kamu ingin lebih simpel, kamu bisa menyiapkan semua atau sebagian peralatan makan tersebut menggunakan peralatan sekali pakai agar tidak perlu repot-repot dicuci.

Peralatan masak

Mengingat kamu akan berjualan makanan, tentu set perlengkapan ini tidak boleh terlewat! Peralatan memasak itu dapat mencakup kompor, gas, wajan atau teflon, microwave, freezer atau lemari pendingin, oven, pisau atau alat pemotong dan pencampur, mesin es, dan masih banyak lagi; bergantung pada pilihan menu yang kamu siapkan untuk restoranmu.

Beberapa peralatan masak ini ada yang harganya tidak murah. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menyewa terlebih dahulu jika modal kamu tidak berlebih.

Peralatan keamanan

Peralatan lainnya terkait dengan keamanan restoran; baik itu keamanan untuk kamu sebagai pemilik, pekerja, maupun tamu-tamu kamu. Oleh karena itu, lengkapi juga usaha restoran kamu dengan sistem keamanan seperti CCTV dan atau tim keamanan (security).

Gimana? Cukup beragam, kan, peralatan yang perlu kamu beli jika mau buka restoran. Semoga informasi ini berguna buat kamu dan usaha kamu lancar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.