Mau Wisata ke Thailand, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

liburanThailand merupakan salah satu negara yang banyak diminati oleh para wisatawan Indonesia. Apalagi dengan semakin tingginya popularitas drama Thailand di Indonesia, membuat para penggemarnya tertarik untuk berwisata ke sana. Tidak hanya itu, Thailand juga termasuk negara yang memberikan fasilitas pembebasan visa bagi Warga Negara Indonesia selama memenuhi persyaratan. Jadi, kamu gak perlu khawatir dengan berbagai alasan visa ditolak, selama kamu mengikuti aturan yang berlaku.

Apakah kamu juga salah satu yang tertarik untuk mengunjungi negara tersebut? Jika iya, cari tahu dulu yuk apa saja yang perlu dipersiapkan!

Dokumen Penting

Meskipun tidak perlu mengurus visa, tetapi bukan berarti kamu bisa sebebas itu memasuki negara Thailand. Kamu tetap harus melapor pada bagian imigrasi dan menyerahkan berbagai dokumen yang dibutuhkan sebelum bisa masuk ke Thailand. Dokumen yang dibutuhkan antara lain paspor dengan masa berlaku masih minimal 6 bulan, tiket pulang pesawat dengan batas waktu 30 hari sejak kedatangan, bukti booking penginapan, dan formulir yang telah diisi lengkap.

Kesehatan Fisik

Sejak awal tahun 2024 ini, berbagai negara di Asia tengah dilanda gelombang panas yang membuat suhu udara meningkat drastis. Menurut laporan, pada bulan April 2024 suhu di Thailand mencapai 40 derajat celcius. Dengan kondisi suhu yang ekstrem, tentunya kamu harus lebih memerhatikan kondisi fisikmu sebelum pergi ke negara tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menikmati wisatamu secara maksimal serta meminimalisir terjadinya risiko heatstroke ketika berwisata. Heatstroke merupakan kondisi saat terjadi peningkatan suhu pada tubuh secara drastis, mencapai 40°C atau lebih.

Perlengkapan Pendukung

Botol minum, kipas angin portable, handuk kecil, dan payung merupakan contoh perlengkapan pendukung yang gak boleh sampai ketinggalan. Semua perlengkapan tersebut akan membantumu mencegah terjadinya heatstroke maupun hipertermia jenis lainnya akibat kenaikan suhu yang cukup ekstrem. Namun, meskipun kamu sudah mempersiapkan semua perlengkapan yang telah disebutkan tadi, kamu tetap harus waspada terhadap ancaman heatstroke saat berwisata, ya! Kamu disarankan untuk mengenali gejalanya, sehingga bisa segera mengambil langkah tepat ketika mulai merasakannya.

Uang Tunai yang Cukup

Biaya hidup dan makanan di sana pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, jadi kamu bisa memperkirakan berapa kebutuhan harianmu saat berwisata di sana. Namun, tentunya jangan menghitungnya terlalu ngepas, repot kan jika ternyata uang yang kamu bawa kurang? Jika seandainya kamu benar-benar salah melakukan perhitungan, maka langkah yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan kartu debitmu (jika bisa) untuk melakukan tarik tunai di ATM sana.

Aplikasi Transportasi Online

Untuk kamu yang gak percaya diri menggunakan transportasi seperti kereta atau bus, maka bisa memanfaatkan aplikasi transportasi online untuk berwisata di sana. Gak perlu khawatir dengan cara menggunakannya, karena pada dasarnya sama seperti saat di Indonesia, hanya saja aplikasi tersebut akan secara otomatis mengatur petanya berada di Thailand.

Itulah yang perlu kamu persiapkan sebelum wisata ke Thailand. Tentunya, selain hal di atas kamu juga disarankan sudah memiliki itinerary yang jelas supaya aktivitas wisatamu lebih terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.