Media Promosi Online Gratisan yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Sekarang ini, semakin banyak saja media promosi online. Dan lebih menarik lagi, ada banyak sekali yang bisa digunakan secara cuma-cuma, alias gratis. Meskipun gratis, bukan berarti media tersebut tidak efektif untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda.

Mungkin selama ini Anda sudah mempelajari banyak hal mengenai online marketing. Bahkan, Anda mungkin sudah mengikuti kelas tentang bisnis online yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tentu itu bukan hal yang salah. Namun, Anda tidak boleh juga menyepelekan media promosi online gratisan. Karena faktanya ada media online yang masih sangat efektif untuk promosi.

Apa saja itu?

1. Youtube

Memang sekarang ini sudah ada Youtube Ads. Ini fasilitas dari Youtube yang mempermudah Anda untuk melakukan promosi. Anda hanya perlu mempersiapkan materi ads lalu Youtube akan memunculkan materi iklan Anda kepada target konsumen Anda.

Namun, lupakan dulu layanan tersebut. Anda harus tahu banyak sekali orang yang sekarang ini mengakses Youtube. Pengguna suka sekali dengan berbagai jenis video, mulai dari video entertainment, tutorial, edukasi, dan lain sebagainya.

Promo online dengan Youtube
Gambar. Doc: Freepik

Jadi, kenapa Anda tidak membuat video dengan target market Anda? Daripada Anda mengeluarkan uang untuk beriklan, bukankah lebih baik Anda membangun hubungan dengan konsumen Anda dengan cara menyajikan video yang mereka butuhkan?

Dua hal saja yang harus Anda lakukan. Yang pertama, gunakan alat yang ada untuk membuat video. Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal. Anda bisa gunakan smartphone Anda untuk membuat video. Yang kedua, buat channel dan lakukan optimasi. Konsistensi menjadi penentu bagaimana channel Anda akan ditemukan oleh target market Anda. Jika channel Anda sudah terkenal, Anda bisa tawarkan produk atau bisnis Anda.

2. Instagram

Selain Youtube, masyarakat juga senang sekali dengan media Instagram. Dibandingkan dengan media sosial yang lebih dulu muncul, yaitu Facebook, sepertinya Instagram jauh lebih popular saat ini. Instagram sekarang ini tidak hanya diminati oleh anak muda tapi juga orang-orang yang usianya di atas 30 atau bahkan 40 tahun.

Promo dengan Instagram
Gambar. Doc: Freepik/@Wichayada

Menggunakan media sosial Instagram untuk promosi online juga bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu membuka akun Instagram lalu buat konten yang menarik untuk calon konsumen Anda. Konten bisa berupa foto atau video. Sekarang, sudah ada juga fasilitas lainnya seperti IG Live TV di mana Anda bisa berinteraksi langsung dengan target market Anda.

3. Website

Media yang satu ini bisa dikatakan yang paling kuno dibandingkan dengan Youtube dan juga Instagram. Namun, bukan berarti website harus Anda tinggalkan. Faktanya, banyak sekali orang yang mencari jasa pembuatan website. Hal ini disebabkan konsumen lebih percaya dengan toko online atau usaha online yang memiliki website.

Promosi online yang Anda lakukan bisa sangat efektif jika Anda mengintegrasikan antara website dengan Youtube dan juga Instagram. Ini semua bisa menjadi media yang menjaring trafik yang kemudian mengubah pengunjung menjadi pembeli.

Promo Online dengan Website
Gambar. Doc: Freepik/@rawpixel.com

Berapa harga pembuatan website? Harga bisa disesuaikan dengan fitur yang Anda inginkan di dalam website Anda tersebut. Yang pasti, biaya yang harus Anda keluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan naiknya sales online yang akan Anda dapatkan.

Ketiga media promosi online gratisan tersebut harus Anda taklukkan. Anda harus tahu bagaimana algoritmenya hingga bagaimana cara mengoptimasi. Jika itu yang Anda lakukan, Anda akan tahu betapa powerful media promosi gratisan tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.