Mengenal Sistem Pemadam Kebakaran Berbahan Busa untuk Area Pertambangan

Sistem Pemadam Kebakaran Berbahan BusaSetiap lokasi pertambangan wajib memiliki mining fire suppression system. Pasalnya, lokasi pertambangan punya risiko musibah kebakaran yang cukup tinggi akibat adanya alat-alat berat serta persoalan teknis pekerjaannya. Untuk itulah, tiap-tiap area pertambangan, apa pun jenisnya, butuh memiliki sistem pemadam kebakaran yang canggih dan akurat. Salah satu produk sistem pemadam kebakaran yang amat baik kualitasnya adalah Foam Guard Fire Suppression System dari FSI yang bisa Anda lihat di laman berikut https://www.fluidcon.id/foam-guard-fire-suppression-system-by-fsi/ untuk informasi lebih lengkapnya.

Pemadam Kebakaran Berbahan Busa

Seperti namanya, Foam Guard Fire Suppression System adalah sistem pemadaman api yang menggunakan bahan atau agen berupa foam atau busa. Busa yang digunakan dalam sistem pemadam kebakaran seperti ini terdiri dari tiga komponen, yakni air, busa yang tebal, dan udara dalam busa. Ketiga komponen ini berfungsi untuk memutuskan jalaran api.

Cara kerja agen foam dalam sistem pemadam kebakaran adalah seperti berikut: mula-mula busa, beserta komponen air di dalamnya, akan membuat area yang terbakar menjadi dingin. Selanjutnya, udara yang ada dalam busa akan memerangkap gas yang bisa menyebabkan sulutan api. Walhasil, semua sumber api bisa dipadamkan dengan cepat untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika sistem pemadam kebakaran dengan busa memiliki kelebihan untuk mendinginkan area kebakaran dengan cepat dan memadamkan kobaran api dengan singkat. Namun tak hanya itu saja, sebab sistem pemadaman ini juga dapat mencegah sulutan api akibat kebocoran gas yang dapat meledak.

Lokasi Terbaik untuk Pemasangan

Tidak semua agen untuk mengisi sistem pemadam kebakaran cocok dipakai di semua tempat. Pada gudang alat elektronik, gas lembam mungkin sangat direkomendasikan karena tidak menyebabkan produk yang ada di sana rusak. Sedangkan agen busa, yang memiliki beberapa komponen ini, paling cocok digunakan di kawasan seperti:

  • Area penyimpanan alat berat yang dipakai di lokasi pertambangan,
  • Gudang penyimpanan yang dimiliki lokasi pertambangan, dan
  • Area penyimpanan cairan yang mudah terbakar seperti minyak.

Dengan menggunakan busa sebagai agen untuk pemadam kebakaran, risiko terjadi kebakaran besar akan menjadi kecil. Sebab, begitu api atau kebocoran gas terdeteksi, busa dapat langsung disemprotkan untuk meminimimalisir risiko.

Sistem pemadam kebakaran dengan busa merupakan solusi terbaik untuk lokasi pertambangan yang berhubungan langsung dengan benda dan bahan yang mudah tersulut api. Untuk itu, penggunaan sistem pemadaman kebakaran berbahan busa dapat mendinginkan area kebakaran serta memadamkan kobaran api agar tidak semakin menyebar luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.