Mudah Lelah saat Kerja? Psst, Kebiasaan Buruk Ini Penyebabnya!

lelah saat bekerja
image sourceL pbs

Rasa lelah yang dialami seorang manusia dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Mulai dari gaya hidup, kesehatan fisik, sampai kesehatan mental punya peran dalam menumbuhkan rasa lelah seseorang. Kendati begitu, sejumlah dokter di Amerika Serikat sepakat bahwa orang yang mudah lelah saat kerja itu lebih mungkin disebabkan oleh kebiasaan yang tidak disadari buruk bagi dirinya. Apakah kebiasaan buruk yang dimaksud?

Kebiasaan buruk pemicu rasa lelah

Kebiasaan buruk yang paling berperan dalam rasa lelah pada jam kerja (atau saat siang hari) adalah makan malam yang terlampau larut. Menurut seorang dokter yang diwawancarai oleh laman HuffPost, makan larut malam dapat merusak kadar gula darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh untuk mendapatkan energi optimal dari makanan keesokan harinya.

Selain itu, makan malam yang terlalu larut juga akan mengacaukan ritme sirkadian alami tubuh. Alhasil, tubuh akan lebih sulit “diajak” tidur di malam hari. Pada akhirnya, tubuhmu bangun dalam kondisi yang kurang fit dan kamu mudah merasakan lelah saat kerja.

Maka dari itu, hindarilah makan malam yang terlalu larut dan tidur malamlah yang cukup. Idealnya, kamu harus sudah selesai makan 3 jam sebelum kamu beranjak ke atas kasur untuk tidur malam. Kamu juga perlu tidur malam minimal 7 jam tanpa gangguan kalau ingin punya istirahat yang berkualitas dan tubuh yang segar keesokan harinya.

Kebiasaan buruk lainnya

Makan larut malam adalah penyebab krusial rasa lelah saat bekerja di kantor. Biar begitu, ada juga kebiasaan buruk lain yang dapat memicu rasa mudah lelah saat kerja: mengonsumsi minuman berenergi.

Alih-alih menambah asupan energi, minuman energi ternyata malah berpotensi membahayakan kesehatan jantung dan otak, menyebabkan peradangan, meningkatkan tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah minuman berkafein tanpa gula seperti teh—terutama teh hijau—kalau ingin menambah asupan energi di siang hari yang melelahkan.

Kamu juga bisa mengontrol asupan makananmu serta melakukan olahraga teratur jika ingin punya energi yang cukup di siang hari. Untuk itu, kurangilah konsumsi gula dan makanan olahan, perbanyaklah konsumsi makanan utuh (seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak), serta lakukanlah olahraga intensitas sedang selama 30 menit setiap harinya (seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.