Musik dan Olahraga, Bagaimana Hubungannya?

Alat Musik HarpaMendengarkan musik menjadi salah satu cara yang banyak dipilih orang untuk memperbaiki mood-nya. Baik mendengarkan lagu dari musisi kesukaannya maupun memainkan musik sendiri menggunakan alat musik yang dibelinya dari toko alat musik favoritnya. Seperti bermain gitar, piano, drum, maupun alat musik lainnya sesuai keahlian.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata musik juga memiliki hubungan dengan aktivitas olahraga, lho. Penasaran bagaimana hubungannya, langsung saja yuk kita bahas.

Hubungan Musik dengan Olahraga

Dilansir dari situs alfred.com, musik dan olahraga ternyata adalah dua aktivitas yang bisa saling mendukung satu sama lain. Memainkan alat musik dapat membantu koordinasi fisik dan juga kemampuan motorik seseorang, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh seorang atlet. Sementara, aktivitas olahraga juga dapat membantu meningkatkan keterampilan dan penampilan sseorang musisi.

Hal tersebut disimpulkan bukan berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan karena memang belum ada penelitian yang menganalisis secara khusus hubungan antara musik dan olahraga. Meskipun begitu, ada beberapa temuan dari penelitian terhadap musisi yang bisa dijadikan dasar pengaruh olahraga untuk memperbaiki penampilannya dalam bermain musik, antara lain:

  1. Seseorang yang aktif secara fisik dapat mengatasi stres dan juga munculnya rasa cemas saat tampil
  2. Aktivitas olahraga yang terstruktur, seperti senam dan yoga, dapat membantu mendukung serta meningkatkan postur tubuh dan juga mengurangi ketidakseimbangan sistem muskuloskeletal, yaitu sistem yang berperan penting dalam gerakan tubuh.
  3. Latihan motorik dapat melancarkan aliran darah dan kekuatan otot halus yang berperan saat memegang instrumen alat musik
  4. Intervensi dengan latihan kekuatan, terutama kekuatan daya tahan, dapat meningkatkan kekuatan otot dan memberi efek positif ketika mengerahkan tenaga saat memainkan alat musik.

Sementara, untuk temuan yang bisa dijadikan dasar bahwa musik memengaruhi seorang atlet atau orang yang suka melakukan olahraga adalah:

  1. Musik dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam beraktivitas, termasuk berolahraga
  2. Adanya respon yang kuat pada ritme musik, sehingga dapat meningkatkan teknik dan koordinasi rantai kinematiknya
  3. Musik dapat memengaruhi detak jantung seseorang, dengan menaikkannya menggunakan musik yang lebih keras dan menurunkannya menggunakan musik yang lebih tenang
  4. Musik dapat mendorong seorang atlet untuk bekerja lebih keras lagi

Berdasarkan dari berbagai temuan di atas, memang bisa disimpulkan bahwa musik dan olahraga dapat mendukung satu sama lain. Hal ini juga diakui oleh salah seorang atlet tolak peluru, yaitu Micheline Ostermeyer, yang merupakan penerima medali emas di Olimpiade London pada 1948. Micheline Ostermeyer bukan hanya seorang atlet, tetapi juga seorang pianis terkenal. Pada saat memenangkan medali emas tersebut, Micheline Ostermeyer bahkan mengadakan pertunjukkan piano untuk merayakan kemenangannya.

Berdasarkan pengakuannya, aktivitas olahraga yang dilakukannya sebagai atlet membantunya merasa rileks, sementara bermain piano memberikannya rasa “gerak dan ritme”. Inilah salah satu bukti nyata, bahwa kedua hal tersebut memang bisa saling mendukung satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.