Musim Flu? Ini Cara Agar Tidak Tertular

fluMusim hujan identik dengan musim flu. Meskipun sudah rutin mengkonsumsi vitamin dan juga menjaga tubuh agar tetap fit, risiko terkena flu pasti akan tetap ada. Flu sendiri merupakan reaksi peradangan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Hal ini ditandai dengan adanya sumbatan di hidung, bersin, sakit kepala, demam, hingga batuk. Alhasil jika sudah terlanjur terkena flu, mau tak mau asuransi kesehatan keluarga murah yang dimiliki pun harus digunakan. Bed rest menjadi salah satu solusinya sembari menunggu tubuh untuk kembali sehat.

Lantas, bagaimana ya cara agar tidak tertular flu di tengah musim hujan seperti sekarang ini? Mudah saja, simak caranya dalam artikel berikut ya!

  • Jaga kekebalan tubuh. Menjaga kekebalan tubuh tidak cukup hanya dengan minum vitamin saja. Anda juga harus meningkatkannya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta mengandung antioksidan tinggi, seperti buah serta sayuran. Beberapa sayur dan buah yang disarankan di antaranya adalah sayuran berdaun hijau, wortel, paprika, brokoli, semangka, pepaya, jeruk, serta stroberi. Tidak hanya itu, menjaga agar pikiran tidak stres bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Aktif bergerak. Musim hujan bukan berarti menjadi alasan untuk menghambat aktivitas harian Anda. Tetaplah aktif bergerak dengan rajin olahraga seperti jogging, bersepeda, berjalan kaki, yoga, dan berenang. Dengan demikian, tubuh akan tetap fit, jauh dari stres, dan pastinya mengurangi risiko terhindar dari osteoporosis, jantung, dan juga kanker.
  • Tidur cukup. Selain aktif bergerak, jangan lupa untuk memastikan agar Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jam tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 6-8 jam sehari. Untuk itu, hindari mengkonsumsi kafein di siang hari, jaga kondisi suhu kamar tetap sejuk, dan pastikan untuk mengatur jam tidur yang teratur.
  • Rajin cuci tangan. Terakhir, terapkan kebiasaan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun. Seperti yang sudah disinggung di atas, flu bisa terjadi karena penularan virus. Nah, untuk mengurangi risiko terpapar, biasakan untuk selalu mencuci tangan agar virus serta kuman yang ada di tangan bisa hilang. Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa membersihkan tangan dengan menggunakan cairan antiseptik.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dicoba agar tidak tertular selama musim flu. Silakan diterapkan dan semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.