Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Era Globalisasi

Majunya era globalisasi ini pastinya memberikan banyak dampak baik itu bersifat positif maupun negatif. Tidak hanya kalangan dewasa saja yang mengalaminya, namun anak-anak juga sudah mulai beradaptasi dengan era yang serba modern ini. Banyak rumah yang menggunakan TV kabel dan internet di rumah sebagai cara untuk menghibur anak-anaknya disaat orang tua sedang tidak ada di dekatnya. Cara ini memang cukup ampuh untuk membuat anak untuk menjadi tidak rewel dan betah untuk tidak bermain di luar. Selain itu juga akses internet yang ada dapat membantunya untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan sekolahnya.

Dengan adanya semua itu, otomatis peran orang tua sedikit demi sedikit mulai tergantikan oleh kepraktisan internet yang dapat diakses sendiri oleh si anak. Namun, peran orang tua masih sangat amat dibutuhkan oleh si kecil, apalagi dalam segi pendidikan. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui cara memaksimalkan peran orang tua untuk anak.

Memberikan anak waktu lebih

Komunikasi antara anak dan orang tua merupakan faktor yang primer, apalagi dalam segi pendidikan. Anda sangat disarankan untuk meluangkan waktu di sela kesibukan demi si kecil karena jika anak terus diabaikan, ketertarikannya untuk belajar akan berkurang juga. Luangkanlah waktu untuk berdiskusi tentang sekolahnya dan juga membantunya untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah yang diberikan oleh sekolah.

 

Memberikan lingkungan rumah yang nyaman

Lingkungan rumah yang dimaksud dalam konteks ini adalah keharmonisan setia anggota keluarga ke satu sama lain. Dengan adanya hubungan yang baik antara seluruh anggota keluar, dapat menjadi perwujudan dari peran keluarga dalam pendidikan moral anak. Jika lingkungan rumah membuat anak stres, mereka tidak akan mampu berkonsentrasi secara maksimal pada pembelajarannya.

Meningkatkan kebiasaan belajar anak

Berilah anak nasihat tentang bagaimana cara mereka untuk belajar dengan benar. Jangan biarkan anak tidur dengan jam yang tidak teratur untuk menghindari dirinya dari rasa mengantuk dan malas saat harus belajar. Dengan dibiasakannya untuk melakukan hal-hal kecil ini, anak akan terbiasa untuk memiliki pola hidup dan pola belajar yang benar saat beranjak besar dan mandiri.

Itu dia 3 hal yang dapat diakukan oleh orang tua untuk tetap berperan dalam segi pendidikan anak di era globalisasi ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE