Perangkat Streaming, Apakah Kegunaannya?

smart tvPerangkat streaming (atau streaming stick) merupakan media elektronik yang membuat kamu bisa menonton konten-konten hiburan; seperti film, acara televisi, musik, ataupun foto yang ada di ponsel, tablet, laptop, atau gadget lain kamu langsung di televisi. Biasanya, perangkat ini terhubung melalui port HDMI yang berada di bagian belakang televisi dan juga koneksi wifi murah nan kencang yang ada di rumah kamu.

Menurut Lifewire, perangkat satu ini layak disebut sebagai inovasi menarik lantaran kemampuannya untuk memperluas pilihan kamu buat menyaksikan konten-konten hiburan. Beberapa contoh perangkat streaming yang tersedia saat ini adalah Apple TV, Amazon Fire TV Stick, Roku Streaming Stick, dan Chromecast. Konsol-konsol gim seperti Xbox One, Xbox Series X/S, PlayStation 4, dan PlayStation 5 juga bisa disebut sebagai streaming stick, mengingat kebolehan mereka untuk menayangkan konten melalui TV-mu.

Namun, bagaimana kalau kamu sudah punya smart TV?

Pada dasarnya, smart TV memiliki fungsi yang serupa dengan perangkat streaming. Akan tetapi, perangkat satu ini tetap berguna buat televisi pintar – terutama yang sudah tua – lho! Apa saja, sih, kegunaan streaming stick ini kalau kamu punya smart TV di rumah? Berikut jawabannya:

  • Mempercepat konektivitas

Meski bergantung pada jenis smart TV kamu, namun rata-rata perangkat streaming punya kemampuan transfer data yang lebih cepat dan lebih responsif daripada televisi kamu sendiri. Jadinya, menggunakan perangkat ini di smart TV bisa mempercepat konektivitas atau perputaran konten hiburan yang akan kamu tonton.

  • Lebih banyak pilihan

Biarpun sudah smart TV, tidak semua produsen perangkat elektronik ini melengkapinya dengan fitur pembaruan atau update pada perangkat lunaknya. Alhasil, lama-kelamaan smart TV pun tidak terkini lagi dan sulit beradaptasi. Di sisi lain, perangkat streaming punya lebih banyak opsi dan fungsi; termasuk pembaruan pada perangkat lunaknya.

  • Ada fitur kontrol suara

Serupa dengan poin sebelumnya, beberapa smart TV – terlebih yang seri lama – belum dilengkapi dengan fitur kontrol suara. Sebaliknya, streaming stick pada umumnya sudah punya fitur ini sebagai bawaan. Tentu, keunggulan ini akan sangat mendukung pengguna yang memiliki masalah mobilitas.

Itu dia ulasan mengenai perangkat streaming serta berbagai keunggulannya. Apakah kamu tertarik untuk segera memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.