Servis Berkala dan Tune Up, Apa Bedanya?

tune up mobilSama seperti kendaraan lainnya, mobil juga memerlukan perawatan secara berkala agar performanya tetap prima. Mungkin ketika berbicara soal perawatan, yang ada di pikiran Anda adalah ganti oli mobil, memastikan kebersihannya, dan juga memilih bahan bakar yang tepat untuk mesin mobil. Namun demikian, perawatan mobil sesungguhnya tidak hanya itu saja: ada servis berkala dan juga tune up yang harus dilakukan.

Banyak yang berpikir bahwa servis berkala dan tune up merupakan dua hal yang sama. Nyatanya tidak demikian, lho. Keduanya merupakan hal yang berbeda dan untuk mengetahuinya, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Tune up

Tune up merupakan aktivitas pengecekan yang berfokus pada sektor mesin saja. Biasanya, pengecekan akan berputar pada kalibrasi, scanning mesin, sensor, kompresi mesin, throttle body, dan penyetelan komponen lainnya seperti klep, timing belt, dan masih banyak lagi. Jika dibutuhkan, tune up ini juga bisa meliputi pembersihan ruang bakar. Tujuan dari tune up adalah memastikan kondisi komponen kendaraan dalam keadaan yang prima. Biasanya, tune up dilakukan ketika kendaraan sudah mencapai jarak 20.000-40.000 km atau bisa juga setahun sekali. Namun demikian, ada juga pemilik kendaraan yang melakukan tune up setiap satu bulan sekali untuk melakukan pengecekan dan pembersihan saja. Singkatnya, tune up meliputi pemeriksaan ke seluruh komponen mesin dan pastinya lebih kompleks.

Servis berkala

Untuk servis berkala, pengecekan biasanya dilakukan pada bagian filter udara, sistem injeksi, rem, kelistrikan, pengecekan oli, atau bagian fluida. Berbeda dengan tune up yang melakukan pemeriksaan secara menyeluruh ke komponen mesin, servis berkala tidak terlalu berfokus pada jantung mekanis. Sementara untuk waktunya, servis berkala dilakukan secara berkala, ketika mobil telah mencapai jarak 5.000 km atau setiap beberapa bulan sekali. Tak hanya itu, pengecekan pada servis berkala juga biasanya hanya berpatok pada buku servis saja.

Nah, ternyata tune up dan servis berkala memiliki pengecekan yang berbeda, ya. Tune up memiliki variasi pengerjaan yang lebih komprehensif dan kompleks, sehingga tak heran jika biaya yang dibebankan pun lebih mahal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.