Sistem Lelang Mobil Online Permudah Konsumen Dapatkan Mobil Bekas

Beberapa tahun yang lalu, sebagian besar balai lelang melaksanakan kegiatan lelang secara offline atau lewat tatap muka. Namun seperti yang kita tahu, pada awal tahun 2020 virus Covid-19 mulai masuk dan menyebar di Indonesia sehingga memaksa pemerintah untuk menerapkan langkah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga masyarakat tidak bisa melakukan banyak aktivitas di luar rumah.

Oleh sebab itulah, banyak perusahaan termasuk balai lelang yang segera beradaptasi dengan kondisi pandemi tersebut. Mereka memanfaatkan teknologi atau sistem digital agar bisnisnya bisa tetap berjalan secara normal meskipun dilakukan secara digital. Sejak saat ini, semakin banyak kegiatan lelang mobil online dilaksanakan.

sistem lelang mobil online
Gambar: Tribunnews

Perlu Anda tahu, penjualan mobil bekas di balai lelang memang sempat mengalami banyak penurunan di awal tahun 2020. Meskipun demikian, di awal tahun 2021 penjualan mobil bekas mulai mengalami pergerakan positif. Dikutip dari laman kompas.com, Bady Qadarsyah selaku Operation Head Balai Lelang AUKSI mengatakan bahwa peningkatan terjadi pada dua bulan terakhir di tahun 2020 yaitu November dan Desember. Peningkatan tersebut terus berlanjut hingga Januari 2021. Bady Qadarsyah juga menambahkan bahwa sejak tahun 2020 jumlah peserta lelang mobil online terus bertambah, dia berharap agar penjualan mobil bekas bisa terus meningkat karena sistem lelang online bisa diikuti oleh peserta dari mana saja mereka berada.

Kemudahan yang Ditawarkan Sistem Lelang Mobil Online

Pada dasarnya aplikasi atau sistem lelang online merupakan bentuk digitalisasi proses lelang konvensional. Meskipun peserta melakukan bidding dari aplikasi atau website namun proses bisnisnya tidak akan melenceng dari standar lelang pada umumnya. Dari sistem lelang mobil online ini, para peserta bisa memperoleh banyak kemudahan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Proses lelang dilakukan secara transparan

Meskipun dilaksanakan dengan bantuan teknologi digital, namun seluruh proses lelang akan tetap dilakukan secara terbuka antara pihak penyelenggara lelang dengan peserta. Balai lelang akan memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh peserta secara transparan melalui website resmi yang mereka kelola. Jadi, Anda dapat dengan mudah mengetahui kondisi fisik mobil, kelengkapan dokumen kendaraan, dan jadwal lelang. Selain itu, pembentukan harga lelang pada dasarnya juga akan menggunakan sistem penawaran yang bersifat terbuka.

2. Lebih praktis

Lelang mobil online juga dinilai jauh lebih praktis. Anda tidak perlu mondar-mandir mendatangi pool balai lelang untuk mengurus keperluan lelang yang akan Anda ikuti karena prosesnya bisa dilakukan secara online. Melalui teknologi digital yang sudah semakin maju, hampir seluruh proses lelang dapat dilakukan dari perangkat seluler ataupun desktop yang Anda miliki.

Selain itu perlu Anda ingat bahwa lelang online ini juga bisa dilakukan di mana saja. Artinya, meskipun lelang dilaksanakan oleh balai lelang mobil Jakarta namun pesertanya bisa datang dari kota-kota lain di Indonesia.

lelang mobil online di website auksi
Lelang mobil online di website auksi. (Gambar: Swa)

3. Lebih murah

Memilih balai lelang yang sudah melakukan digitalisasi pada proses lelangnya juga memudahkan Anda untuk bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga yang murah. Dari website atau aplikasi Anda bisa lebih mudah untuk membandingkan nilai limit dan kondisi mobil bekas yang tersedia. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya mobil bekas di balai lelang memang akan ditawarkan dengan harga yang lebih rendah daripada harga showroom. Dengan demikian, Anda memiliki peluang lebih besar untuk bisa membeli mobil bekas dengan harga yang lebih terjangkau, sangat menguntungkan untuk Anda yang ingin berbisnis rental mobil.

Mengingat saat ini sudah ada semakin banyak balai lelang yang mengadakan kegiatan lelang secara online, pastikan Anda memilih balai lelang resmi dan profesional. Lakukan riset kecil di internet untuk mengetahui kredibilitas balai lelang yang akan Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.