Sudah Tahu, Daftar Beasiswa yang Diberikan Pemerintah?

anak sekolahAnak mau masuk Sekolah Dasar (SD)? Pastinya Bunda sudah mencari sekolah yang dijadikan sebagai tempat melanjutkan pendidikannya. Mulai dari; sekolah negeri sampai International Elementary School in Jakarta yang menerapkan kurikulum berbahasa Inggris sudah dicek semuanya.

Namun, tidak hanya sekolahnya, Bunda juga wajib tahu loh apa saja beasiswa yang diberikan pemerintah (Kemendikbud) untuk membantu dana pendidikan anak ketika sudah bersekolah nanti. Yuk, cek daftarnya Bund!

Program Indonesia Pintar (PIP)

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan tunai pendidikan yang diberikan kepada anak usia sekolah, 6 – 21 tahun, dari keluarga miskin dan rentan miskin yang mengikuti pendidikan formal dan informal. Melalui program ini pemerintah berupaya untuk mencegah supaya peserta didik tidak putus sekolah akibat kekurangan biaya, meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, dan lain sebagainya.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan bantuan pendidikan dari pemerintah berupa dana yang diberikan pada sekolah maupun madrasah untuk kepentingan non-personalia. Dana bos ini biasanya diberikan berdasarkan pada jumlah siswa yang dimiliki oleh sebuah sekolah. Dana BOS ini sendiri terbagi menjadi dua bagian yakni dana BOS yang berasal dari pemerintah pusat serta dana BOS dari pemerintah daerah.

Bantuan Operasional Pendidikan (BOP)

Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) merupakan program bantuan Pemerintah Daerah untuk membantu meringankan beban orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya. BOP biasanya diberikan langsung ke sekolah-sekolah dari tingkat dasar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan, Madrasah (SMA/SMK/MA).

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan program pendidikan untuk membantu siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi supaya tetap bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penerima KIP Kuliah ini biasanya adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya. Untuk siswa yang memiliki kartu ini maka akan dibebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, mendapat biaya pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup sekitar Rp. 700.000 per bulan.

Itulah dia beberapa beasiswa yang diberikan pemerintah untuk membantu biaya pendidikan anak. Semoga bermanfaat, ya, Bund!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.