Supaya Motor Tetap Awet, Begini Cara Merawatnya!

sepeda motorApakah kamu suka merawat motor dengan rutin melakukan service ke bengkel resmi sambil mengganti oli motor? Jika tidak, mulai dari sekarang rutinlah untuk selalu merawatnya karena motor yang jarang dirawat dan dibiarkan begitu saja malah dapat menimbulkan kerusakan. Misalnya saja, motor susah di-starter karena muncul karatan di bagian dalam komponen mesin motor.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, maka rawatlah motor Anda secara rutin. Caranya?

  1. Cuci motor minimal seminggu sekali

Pastikan untuk mencuci motormu minimal sekali dalam seminggu. Atau, jika sedang musim hujan, maka rajinlah untuk mencuci motor supaya debu maupun pasir yang menempel di motor tidak menimbulkan karatan jika lama dibiarkan. Dengan rajin mencuci motor, meski hanya sekali seminggu, maka membuat motormu bisa terbebas dari karatan sekaligus membuatnya tampak kinclong.

Untuk itu, rajinlah mencuci motor selalu, ya, supaya motormu tetap bersih dan jauh dari karatan.

  1. Periksa angin ban motor sebelum berkendara

Sebelum berkendara, kamu disarankan untuk memeriksa angin ban motor terlebih dahulu. Selain dapat mencegah kecelakaan, memeriksa angin ban motor sebelum berkendara juga dapat mengawetkan ban motormu. Ban motor tidak akan cepat rusak, bocor, ataupun velg bannya pecah.

Oleh karena itulah, sebelum mengendarai motor, jangan lupa untuk mengecek kondisi angin ban motormu dan pastikan tidak kekurangan angin.

  1. Rutin ganti oli motor & periksa aki motor

Supaya motor tetap awet dan performanya tidak menurun, maka rutinlah selalu mengganti oli sepeda motormu. Seperti diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas dan pendingin mesin sepeda motor. Jika oli pada motormu jarang diganti, tentu bisa menimbulkan masalah seperti motor sulit untuk dinyalakan. Disarankan juga agar kamu melakukan engine flush secara berkala untuk membersihkan mesin dari berbagai endapan.

Selain mengganti oli motor, penting pula bagimu untuk selalu memeriksa aki motor karena berperan penting untuk bagian kelistrikan sepeda motor. Apabila bagian ini tidak diperiksa, tentu saja bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti motor tiba-tiba mati di tengah jalan. Oleh karena itu, periksa selalu aki motormu, jika air aki terlihat habis maka isilah.

  1. Rajin service motor di bengkel resmi

Selain itu, kamu juga wajib untuk men-service sepeda motormu di bengkel resmi. Dengan melakukan service, tentu membuat performa motormu menjadi semakin prima, Di samping itu, motor pun tidak akan gampang rusak.

So, jangan sampai lupa untuk selalu service motormu, ya, supaya tidak cepat rusak dan tetap awet.

Nah, itulah dia beberapa cara merawat motor yang bisa kamu terapkan. Jangan sampai abai, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.