Takut Jauh dari Ponsel? Waspada Nomophobia!

cas hp
image source: PCMag Australia

Ponsel seperti menjadi kebutuhan primer yang harus ada setiap saat. Bahkan, banyak juga lho orang yang tetap harus memegang ponselnya saat berada di rumah. Baik karena urusan pekerjaan, belajar, bermain, maupun aktivitas lainnya. Apalagi kalau sudah pasang internet wifi rumah, yang membuat aktivitas internetmu menjadi lebih tidak terbatas.

Sebab, provider internet rumah Oxygen menawarkan kuota internet unlimited dengan harga terjangkau dan koneksi stabil. Pastinya akan membuatmu semakin bebas menikmati koneksi internet dari ponsel kesayanganmu.

Namun, waspadalah jika kamu benar-benar tidak bisa jauh dari ponsel. Bisa jadi kamu terkena nomophobia.

Apa Itu Nomophobia dan Gejalanya

Nomophobia atau No Mobile Phone Phobia adalah ketakutan berlebihan yang dirasakan saat berada jauh dari ponsel. Tidak peduli di mana pun berada atau aktivitas apapun yang dilakukan, orang dengan nomophobia harus bisa mengakses ponselnya kapan pun.

Penyebab dari nomophobia ini biasanya adalah ketakutan akan ketinggalan sesuatu. Misalnya berkaitan dengan pekerjaan, mereka terlalu takut akan melewatkan pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu, ketakutan akan ketinggalan informasi juga bisa menyebabkan nomophobia.

Untuk orang yang mengalami FOMO, juga berpotensi besar mengalami nomophobia. Sebab, mereka harus selalu tau apa yang sedang tren saat ini agar bisa mengikutinya. Berbagai kondisi tersebut, akan membuat seseorang harus terus dekat dengan ponselnya agar bisa mengecek terus secara berkala.

Ada beberapa ciri yang bisa terlihat apakah seseorang mengalami nomophobia atau tidak, di antaranya:

  1. Selalu menggenggam ponsel dalam setiap kesempatan
  2. Terus memeriksa ponsel secara berkala dalam periode waktu singkat
  3. Berani melanggar aturan mengecek ponsel dalam suatu aktivitas yang tidak mengizinkan adanya ponsel
  4. Bermain ponsel hingga lupa waktu

Ketika seseorang mengalami nomophobia dan berada jauh dari ponselnya, mereka akan mengalami gejala serupa dengan phobia lain pada umumnya. Seperti:

  • Serangan panik
  • Sesak napas
  • Khawatir, takut, cemas
  • Jantung berdebar
  • Gemetaran
  • Insomnia

Mengatasi Nomophobia

Apakah kamu atau orang sekitarmu mengalami masalah ini? Tenang, nomophobia bisa kok diatasi. Kamu bisa mencoba mengatasinya sendiri terlebih dahulu selama gejala yang timbul tidak terlalu berat. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  1. Secara perlahan mulai batasi penggunaan ponsel
  2. Matikan atau hentikan penggunaan ponsel setidaknya 1 jam sebelum tidur
  3. Lakukan berbagai aktivitas lain yang dapat mengalihkanmu dari ponsel
  4. Bersosialisasi dengan keluarga, teman, atau saudara lain

Namun, jika gejala yang timbul cukup berat pada saat kamu mencoba untuk mengurangi waktumu bermain ponsel, kamu bisa meminta bantuan profesional seperti psikiater atau psikolog. Dengan begitu, proses kamu melepaskan diri dari nomophobia dapat berjalan lancar dan aman.

Sementara untuk kamu yang belum mengalaminya tetapi sudah merasa sulit jauh dari ponsel, coba untuk mulai mengurangi ketergantunganmu pada ponsel. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari potensi mengalami nomophobia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.