Tensi Darah Normal Berdasarkan Rentang Usia

cek tensi darahMelansir health.detik.com, tensi darah normal seseorang biasanya berbeda-beda dan dipengaruhi oleh faktor usia. Di mana, semakin bertambah usianya, maka tensi darahnya pun akan semakin meningkat. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan tensi darah rutin menggunakan alat tensi darah Omron yang sudah teruji secara klinis dan akurat dalam mengukur tensi darah.

Nah, bicara mengenai tensi darah, yuk, ketahui tensi darah normal berdasarkan rentang usia. Check it out:

  1. Anak-anak

Tensi darah normal pada anak-anak biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok, di antaranya:

    • Usia 1-2 tahun tensi darahnya antara 80-90 mmHG untuk sistolik dan 50-70 mmHg diastolik;
    • Usia 3-5 tahun tensi darahnya antara 95-110 mmHg untuk sistolik dan 56-70 mmHg diastolik;
    • Usia 6-13 tahun tensi darahnya antara 97-112 mmHG untuk sistolik dan 57-71 mmHG diastolik.
  1. Remaja

Pada remaja usia 13-18 tahun tensi darahnya adalah kisaran 112-128 mmHg untuk sistolik dan 66-80 mmHG untuk diastolik. Namun, angka-angka ini bisa bervariasi tergantung pada pola hidup yang dijalani remaja sedari dini, berat badan, tinggi badan, serta jenis kelaminnya. Apabila pola hidup yang dijalani tidak sehat dengan selalu mengonsumsi makanan siap saji, minuman kemasan, dan lainnya, maka bukan tidak mungkin bila tekanan darahnya bisa meningkat dari angka normal.

  1. Dewasa

Pada orang dewasa, tensi darah normal umumnya berkisar antara 90-120 mmHg untuk sistolik serta 60-80 mmHg untuk diastolik. Namun, biasanya, tekanan darahnya pun bisa berubah-ubah tergantung pada aktivitas fisik dan kondisi emosional. Semakin tidak terkontrol perasaannya, maka tekanan darahnya bisa cepat berubah. Apalagi, ditambah, menjalani gaya hidup yang tidak sehat, maka akan sangat mungkin tekanan darahnya meningkat dengan cepat.

  1. Lansia

Sementara, tensi darah normal pada lansia atau orang lanjut usia yang berusia 65 tahun adalah kurang dari 150 mmHg untuk sistolik dan 90 mmHg untuk diastolik. Memang, apabila dibandingkan dengan rentang usia lainnya, lansia memiliki tensi darah yang paling tinggi. Hal ini biasanya karena jantung lansia bekerja lebih ekstra dalam memompa darah karena itulah tekanan darahnya tinggi.

Itu dia tensi darah normal berdasarkan rentang usia seseorang. Yuk, rutin selalu mengeceknya dengan mengikuti tips mengukur tekanan darah supaya hasilnya akurat dan tensi darahmu bisa dikontrol dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.