Ternyata, Ini Beberapa Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

wanita bingung
image source: Freepik

Girls, kamu pastinya sudah tahu ya bahwa setiap perempuan memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Tak hanya siklusnya, tetapi jumlah cc darah yang dialami ketika menstruasi pun berbeda, sehingga tak mengherankan jika banyak produk pembalut, seperti Laurier misalnya, yang menyediakan berbagai jenis pembalut yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun demikian, tak hanya itu saja yang membuat perbedaan; selain siklus, waktu menstruasi yang dialami para perempuan juga berbeda: ada yang datang lebih cepat, ada yang teratur, dan ada juga yang tidak dapat diprediksi.

Mengapa, ya?

Sebenarnya, masalah ini wajar. Waktu menstruasi yang berbeda-beda bisa disebabkan oleh banyak hal. Siklus menstruasi yang normal adalah 21 – 35 hari dengan durasi 2 – 10 hari, dengan catatan 3 hari terakhir biasanya hanya berupa flek atau darah tidak keluar terlalu banyak. Siklus menstruasi seharusnya sudah teratur dengan sendirinya jika umur sudah lebih dari 20 tahun. Nah, secara umum, siklus menstruasi menjadi tidak teratur jika terjadi ketidakseimbangan hormon estrogen dan juga progesteron.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa hal yang menyebabkan menstruasi tidak teratur. Di antaranya:

  1. Gangguan makan. Menjalani diet untuk mengatur kebiasaan makan memang boleh saja, namun jangan sampai berlebihan, ya! Pasalnya, diet secara ekstrem bisa menimbulkan gangguan makan, yang kemudian berdampak pada siklus menstruasi, lho. Sebab berat badanmu akan menurun secara drastis sehingga tubuh akan berhenti mengirimkan sinyal ke otak untuk memproduksi hormon, yang akhirnya membuat siklus menstruasimu menjadi berantakan.
  2. PCOS. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan oleh PCOS atau polycystic ovary syndrome. PCOS sendiri merupakan gangguan hormonal yang ditandai dengan sel telur yang tidak matang dan berukuran kecil. Meskipun PCOS seringkali ditemukan pada perempuan yang memiliki obesitas, PCOS juga dapat menyerang perempuan yang memiliki berat badan normal. Untuk mengetahui detail mengenai PCOS, kamu bisa periksakan diri ke dokter, ya.
  3. Kontrasepsi. Selain dua hal di atas, penggunaan kontrasepsi juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Kontrasepsi hormonal, seperti pil, suntik, dan implan, memang dapat mengganggu siklus menstruasimu. Jadi, jika siklus menstruasimu tidak teratur dan kamu tengah menggunakan alat kontrasepsi, bisa jadi penyebabnya adalah ini, ya.
  4. Stres. Terakhir, siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa dipicu oleh stres. Melansir dari penelitian yang dimuat di International Journal of Medical Health Research, saat tengah stres tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Alhasil, lonjakan hormon ini sedikit banyak menekan fungsi indung telur sehingga membuat menstruasi tidak lancar.

Itu dia beberapa hal yang menyebabkan menstruasimu tidak teratur. Untuk mengatasinya, pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, hindari stres, istirahat yang cukup, dan lakukan beberapa aktivitas sederhana untuk mengatur siklus menstruasi yang tidak normal, ya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai kondisimu. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.