Tips Jitu Agar Work From Home Tetap Produktif

Dalam beberapa bulan terakhir kasus penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini akhirnya membuat beberapa perusahaan terpaksa melakukan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah.

Lalu apakah kebijakan work from home ini akan membuat produktivitas para karyawan meningkat?

Pandangan mengenai work from home hingga kini masih terpolarisasi dengan pemahaman yang berbeda-beda. Beberapa masih menganggap bahwa sistem kerja seperti ini mampu meningkatkan produktivitas kerja, namun sebagian lagi menganggap sebaliknya.

Tips Jitu Agar Work From Home Tetap Produktif

Meski begitu, sistem kerja seperti ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi divisi Human Resources (HR) dan Supervisor untuk bisa menerapkan strategi yang jitu dalam mengatur karyawannya agar tetap produktif meski sedang WFH.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja para karyawan, antara lain yaitu:

1. Membuat Perencanaan dan Regulasi

Sebelum menerapkan sistem kerja WFH, divisi HR sebaiknya mempersiapkan segala sesuatu yang biasanya dibutuhkan oleh karyawan agar dapat menyelesaikan tugasnya, seperti ketersediaan perangkat untuk bekerja, akses internet, dan beberapa sumber daya lain yang tentunya dapat menunjang produktivitas kerja mereka.

Divisi HR juga harus selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para supervisor terkait untuk dapat mengenali laporan, mendelegasikan tugas, serta skema kerja yang digunakan dalam tim. Hal ini bertujuan agar mampu memantau dan mengevaluasi seluruh performa karyawan ketika melakukan WFH.

aplikasi Dokodemo-Kerja

Untuk hal ini, divisi HR dapat menggunakan aplikasi Dokodemo-Kerja. Aplikasi ini mampu membantu tim divisi HR dalam memantau dan mengevaluasi kinerja dari seluruh karyawan dengan efektif dan efisien. Melalui berbagai fitur yang tersedia di dalamnya, tim HR juga dapat mengkoordinasikan seluruh informasi dengan lebih baik dan terstruktur.

Selain itu, tim HR juga perlu berkoordinasi dengan tim IT, terutama unit keamanan siber dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesadaran para karyawan dalam hal pentingnya keamanan data saat work from home.

2. Adaptasikan Diri Layaknya Bekerja di Kantor

Bekerja dari rumah dengan bekerja dari kantor merupakan dua hal yang berbeda. Saat karyawan bekerja dari rumah, mereka seakan tidak mempunyai batasan yang jelas sehingga seringkali melupakan dirinya bahwa saat ini dia sedang bekerja, atau bahkan dirinya merasa lupa bahwa mereka perlu beristirahat.

Kondisi ini berbeda sangat jauh saat bekerja di kantor, dimana mereka mempunyai jam kerja, jam istirahat, serta lingkungan yang mendukung sehingga para karyawan mempunyai batasan-batasan serta kejelasan saat bekerja.

Beberapa studi menyebutkan jika karyawan bekerja di rumah, maka semakin tidak fokus karena teralihkan oleh beberapa hal, seperti bermain dengan hewan peliharaan, game atau berbagai hiburan lainnya.

3. Pentingnya Melakukan Komunikasi

Agar para supervisor dan tim HR dapat mendistribusikan tugas dengan baik kepada para karyawan, maka sebaiknya HR dan supervisor perlu menjalin komunikasi dengan baik agar tidak terjadi miskomunikasi tugas.

Untuk berkomunikasi secara intens antara karyawan dengan tim HR atau antara Supervisor dengan karyawan, maka diperlukan sebuah aplikasi komunikasi yang dapat dibawa kemanapun dan kapanpun.  Salah satu aplikasi yang bisa Anda pergunakan adalah Whatsapp dan Slack yang sudah tersedia di Playstore ataupun Appstore.

Selain itu, pastikan seluruh komunikasi berjalan lancar dan tercatat dalam sebuah catatan rinci yang menjelaskan mengenai tugas serta progress dari perkembangan suatu project yang sedang dikerjakan meski dalam kondisi offline.

4. Melakukan Evaluasi Kinerja Setiap Minggunya

Sebagai seorang HR, tugasnya adalah membangun kerjasama tim saat work from home serta melakukan evaluasi kerja seluruh tim. Pada umumnya, evaluasi akan dilakukan setiap akhir minggu serta mencarikan solusi dari seluruh kendala yang terjadi saat penerapan sistem kerja dari rumah.

Selain itu, tim HR juga perlu melakukan employee engagement survey kepada para karyawan untuk dapat mengetahui seberapa besar perusahaan mampu untuk memberikan setiap kebutuhan dari seluruh karyawan selama melakukan aktivitas work from home.

Selain tim HRD dan Supervisor, para karyawan juga perlu mempunyai etos kerja agar dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka saat WFH. Nah, berikut ini adalah beberapa tips ampuh yang dapat dipergunakan untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja, antara lain yaitu:

  • Menetapkan Jam Kerja

Saat mendengar kata bekerja dari rumah atau WFH mungkin terdengar sedikit menyenangkan, namun ketika kamu melakukan kegiatan ini selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, tentu rasa bosan akan menyerang dan membuat performa Anda menjadi berkurang.

Karena itu, Anda perlu menetapkan jam kerja agar tercipta suasana kerja yang kondusif ketika menjalani sistem kerja work from home. Hal ini bisa dapat kamu mulai dengan menerapkan jam kerja yang sama seperti saat Anda bekerja di kantor.

  • Menyusun Skala Prioritas

Mengingat banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dan diselesaikan, membuat Anda terkadang lupa dengan apa yang harus Anda kerjakan. Karena itu, tidak salah jika Anda mencatat seluruh tugas yang perlu dikerjakan dan memberikan skala prioritas dari seluruh pekerjaan tersebut.

  • Memilih Tempat yang Nyaman dengan jaringan internet yang stabil

Kenyamanan merupakan salah satu kunci utama agar produktivitas kerja Anda terjaga. Karena itu, sebelum bekerja pastikan Anda mempunyai tempat bekerja yang nyaman dengan jaringan internet yang stabil. Sebab, tempat kerja yang nyaman akan membantu Anda dalam mempengaruhi mood ketika bekerja.

  • Mematikan notifikasi aplikasi serta media sosial

Agar Anda bisa fokus terhadap pekerjaan yang sedang Anda lakukan, maka alangkah baiknya untuk mematikan notifikasi aplikasi serta media sosial agar fokus Anda tidak terbelah. Hal ini karena notifikasi yang berasal dari aplikasi maupun media sosial seringkali muncul secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.