Tips Mengangkut Perangkat IT saat Pindah Gedung Kantor

pindah kantorRelokasi kantor dapat terjadi karena beberapa alasan. Contohnya karena gedung kantor lama tak lagi cukup menampung jumlah pekerja, ingin mengurangi biaya operasional gedung, atau penyebab lainnya. Dalam prosesnya, ada strategi atau tahapan yang perlu dilakukan oleh manajemen perusahaan demi kelancaran relokasi. Salah satunya ialah memindahkan perangkat IT yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk itu, berikut adalah tips mengangkut perangkat IT yang perlu perusahaan perhatikan saat akan pindah kantor.

  • Hubungi penyedia layanan IT perusahaan. Langkah pertama untuk mengangkut perangkat IT adalah menghubungi penyedia layanan IT atau komunikasi perusahaan. Sebab, ketepatan waktu antara pemutusan jaringan IT di gedung kantor lama dan pemasangan jaringan IT di gedung kantor baru dapat menentukan produktivitas pekerja kantoran. Terlambat sedikit saja, alur kerja pekerja dapat terganggu.

Idealnya, perusahaan perlu mengontak penyedia layanan IT perusahaan 2–3 bulan sebelum proses relokasi dilakukan. Selain membicarakan tentang konektivitas di dua gedung kantor, manajemen perusahaan juga perlu mengatur tenggat waktu penyelesaian infrastruktur IT, fasilitas komunikasi, dan semacamnya kepada penyedia layanan IT.

  • Koordinasikan logistik perpindahan. Setelah mendiskusikan rencana relokasi dengan penyedia layanan IT, manajemen perusahaan juga perlu membagikan strategi dan jadwal relokasi yang sudah valid kepada penyedia layanan IT tersebut. Sebab, keberhasilan proses relokasi juga bergantung pada bagaimana susunan rencana dan penerapannya di lapangan.

Dengan membagikan rencana tersebut, perusahaan dapat memperoleh bantuan (baik itu dalam bentuk tenaga atau strategi khusus) untuk mengangkut perangkat IT dari perusahaan penyedia layanan.

  • Melakukan backup data. Tips mengangkut perangkat IT selanjutnya berkaitan dengan informasi atau data perusahaan. Idealnya, manajemen perusahaan – melalui tim IT internal (jika ada) atau penyedia layanan IT – perlu melakukan pencadangan atau backup data terlebih dahulu. Jika perusahaan sudah memiliki data center atau storage berbasis cloud, segala data dalam perangkat keras IT sebaiknya dicadangkan terlebih dahulu ke cloud.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah kehilangan data atau ketidakmungkinan mengakses kembali perangkat keras IT andai kata perangkat tersebut mengalami kerusakaan saat proses relokasi.

Itu dia beberapa tips menganagkut perangkat IT yang dapat diterapkan oleh manajemen perusahaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.