Turunkan Tekanan Darah dengan Rempah-Rempah Berikut

cek tensi darahHipertensi atau tekanan darah tinggi dapat memicu banyak masalah kesehatan serius. Contohnya adalah serangan jantung atau stroke, gagal jantung, masalah ginjal, hingga demensia. Jika dibiarkan dan tidak dikontrol secara rutin menggunakan alat tensimeter, kondisi ini bisa sampai mengancam nyawa. Oleh karena itu, ayo belajar untuk turunkan tekanan darah dengan memperbanyak konsumsi tanaman herbal atau rempah-rempah seperti berikut.

Selasih

Selasih atau basil adalah tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan alternatif karena kandungan senyawanya yang kaya. Salah satu kandungan senyawa yang dimaksud adalah eugenol. Menurut beberapa penelitian pada hewan, senyawa ini terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan cara menghambat pergerakan kalsium ke jantung dan sel-sel arteri.

Peterseli

Rempah-rempah lain yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah adalah peterseli. Melansir dari laman Healthline, tanaman hijau ini mengandung vitamin C dan karotenoid makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Sejumlah penelitian juga menunjukkan kalau antioksidan karotenoid dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Bawang putih

Rempah lain yang dapat kamu konsumsi untuk menurunkan tekanan darah adalah bawang putih. Tanaman ini mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang bisa membantu meningkatkan aliran darah serta mengendurkan pembuluh darah. Kedua fungsi ini pada akhirnya dapat membantu turunkan tekanan darah.

Kayu manis

Selama berabad-abad, kayu manis sudah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah jantung, termasuk tekanan darah tinggi. Meski secara teknis belum diketahui bagaimana rempah-rempah ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi, sebuah tinjauan pada 9 penelitian dengan 641 partisipan menemukan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata sebesar 6,2 mmHg dan 3,9 mmHg.

Jahe

Rempah-rempah terakhir adalah jahe, yang juga sudah lama digunakan sebagai bahan pengobatan berbagai masalah kesehatan jantung. Menurut Healthline, beberapa masalah itu termasuk sirkulasi darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah. Penelitian pada manusia dan hewan juga sudah menunjukkan kalau mengonsumsi jahe efektif menurunkan tekanan darah darah, baik itu melalui penghambatan saluran kalsium alami maupun penghambatan ACE alami.

Nah, itulah dia berbagai tanaman herbal yang bisa bantu kamu turunkan tekanan darah. Selain memperbanyak konsumsi rempah-rempah di atas, kamu juga bisa menjaga stabilitas tekanan darah kamu dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok dan rutin berolahraga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.