Yuk, Redakan Nyeri Lutut dengan Rutin Jalan Kaki

sendi lutut
image source: Liputan 6

Nyeri lutut memang menyiksa karena penderitanya akan merasakan sakit yang teramat di bagian lutut ketika tubuh digerakkan. Nyerinya pun akan semakin terasa pada saat penderitanya menuruni anak tangga. Untuk itu, jika mengalami kondisi ini, sebaiknya segera lakukan pengecekan ke klinik lutut Jakarta. Klinik yang dilengkapi dengan teknologi High Definition Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla Skyra ini khusus menangani keluhan-keluhan yang muncul pada lutut, bahu, pinggul, dan lainnya.

Nah. selain melakukan pengecekan, meredakan nyeri lutut juga bisa dengan cara rutin jalan kaki setiap hari. Dengan jalan kaki, maka akan merasakan beberapa manfaat berikut:

  1. Menjaga kesehatan sendi

Melansir liputan6, di saat lutut terasa nyeri, maka tulang rawan yang berfungsi meredam kejut pada lutut bisa rusak. Efeknya, lutut akan terasa sangat sakit, mengalami kekakuan, bahkan mengganggu gerak. Untuk itu, rutinlah selalu jalan kaki setiap hari untuk mencegah nyeri tersebut sekaligus menjaga kesehatan sendi. Dengan berjalan, maka dapat membantu membangun kembali sendi yang sudah rusak.

  1. Memperkuat sendi

Rajin jalan kaki ternyata dapat membantu membangun otot serta memperkuat sendi sehingga tubuh dapat melepaskan tekanan persendian yang betugas menangani beban di bagian kaki.  Dengan begitu, maka rasik yang dirasakan pada lutut akan sedikit berkurang dan akan membaik. So, jangan malas jalan kaki supaya nyeri sendi segera hilang, ya!

  1. Menurunkan berat badan

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, risiko mengalami sakit lutut tentu akan semakin besar dibanding mereka yang memiliki berat badan ideal. Oleh karena itu, rutinlah selalu jalan kaki karena melakukan aktivitas tersebut dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mengurangi tekanan pada lutut. Berkurangnya tekanan, tentu nyeri yang dirasakan pada bagian lutut juga turut berkurang.

Yuk, redakan nyeri pada lutut dengan rutin jalan kaki 15 – 30 menit sehari. Apabila belum terbiasa, tidak harus memaksakan diri, penderita nyeri lutut bisa berjalan kaki selama 10 menit saja. Terlalu memaksa diri dikhawatirkan nanti bisa membuat nyeri terasa semakin parah, muncul pembengkakan, dan yang lainnya.

Selalu semangat jalan kakinya agar nyeri sendi hilang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.